Kota Malang Masih di PPKM Level 3, Wali Kota Sutiaji Minta Kelonggaran ke Mendagri

Oct 11, 2021 17:15
Wali Kota Malang, Sutiaji. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Wali Kota Malang, Sutiaji. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Berada di level 3 dalam masa perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 18 Oktober 2021 mendatang, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang bakal mengajukan kelonggaran.

Hal itu karena, capaian indikator penentuan penurunan level sejatinya telah terpenuhi. Salah satunya capaian vaksinasi Covid-19 yang mengacu pada Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) untuk bisa turun ke level 2 capaian vaksinasi dosis pertama harus mencapai 50 persen, sedangkan untuk lansia di angka 40 persen.

Kedua indikator tersebut telah terpenuhi di Kota Malang. Capaian vaksinasi dosis pertama mencapai 87,6 persen, dan lansia sudah di angka 46,60 persen.

"Pada Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri), besok kami berkirim surat, kami minta dilakukan kelonggaran sedikit. Tapi kita tetap mengacu Inmendagri," ujar Wali Kota Sutiaji, Senin (11/10/2021).

Dalam hal ini, pihaknya bukan serta merta meminta pembebasan aktivitas. Melainkan, tetap menaati aturan seperti penerapan disiplin protokol kesehatan (prokes).

Termasuk, area destinasi wisata hingga taman-taman kota yang bila diizinkan dibuka harus dengan penerapan aplikasi PeduliLindungi.

"Tapi kelonggaran-kelonggaran itu, seperti taman dan lainnya, itu dilengkapi dengan PeduliLindungu dan protokol kesehatan ketat," katanya.

Implementasi PeduliLindungi di area publik ini, nantinya juga akan disiapkan sebagaimana mestinya. Sehingga, bisa dilakukan pengawasan secara ketat.

"Kita kuatkan itu (taman dengan implementasi PeduliLindungi). Dan itu berarti harus ada penjagaan ketat, kan harus scan barcode itu," terang Sutiaji.

Diberitakan sebelumnya, wilayah Kota Malang masih berada pada penerapan PPKM Level 3 lantaran hal itu masuk wilayah aglomerasi. Yang mana, saat ini tidak hanya Malang Raya saja, melainkan ada penambahan 2 wilayah lain, yakni Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Pasuruan.

Adapun, capaian vaksinasi wilayah aglomerasi yang belum sesuai target indikator ketentuan Inmendagri menjadikan Kota Malang masih berada di level 3. Di mana, rincian capaian vaksinasi untuk wilayah lainnya seperti Kabupaten Probolinggo dosis 1 65,44 persen, untuk lansia 35,35 persen.

Kemudian, vaksinasi dosis pertama Kabupaten Pasuruan saat ini mencapai 31,69 persen, vaksinasi lansia 12,93 persen. Kabupaten Malang, capaian vaksinasi dosis pertama 55,84 persen, lansia tercapai 30,20 persen. Sedangkan, Kota Batu untuk capaian vaksinasi dosis pertama 85,82 persen, vaksinasi lansia tercapai 45,27 persen.

"Karena kita aglomerasi, mau nggak mau kita ikuti itu. Dan kami berharap, mudah-mudahan bisa segera masuk ke level seperti idealnya," pungkas Sutiaji.

Topik
SutiajiPPKMPeduliLindungi
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru