Temas Raih Kelurahan Tangguh Bencana Tingkat Madya

Oct 10, 2021 15:44
Keluahan Temas saat mengikuti lomba Desa/kelurahan Tangguh Bencana (Destana) tahun 2021. (Foto: istimewa)
Keluahan Temas saat mengikuti lomba Desa/kelurahan Tangguh Bencana (Destana) tahun 2021. (Foto: istimewa)

JATIMTIMES - Setelah memenangkan lomba Desa/kelurahan Tangguh Bencana (Destana) tahun 2019 tingkat Pratama, kini Kelurahan Temas, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu meraih prestasi tingkat Madya tahun 2021.

Kelurahan Temas meraih tingkat madya bersama Kelurahan Sukoharjo, Probolinggo, Desa Kalimalang, Ponorogo dan Desa Patemon, Bondowoso. Kelurahan Temas bisa meraih tingkat Madya, lantaran menyuguhkan beberapa aspek.

Beberapa aspek yang diterapkan itu yakni, pengurangan risiko bencana berbasis masyarakat, aspek penganggaran mandiri dari Kelurahan Temas, dan aspek kesiapsiagaan masyarakat, dan aspek kesehatan. “Inilah keunggulan yang menghantarkan Kelurahan Temas meraih prestasi ini (tingkat Madya, Red),” kata Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Gatot Noegroho.

Dengan prestasi yang diraih Kelurahan Temas, itu bisa menjadikan motivasi desa/kelurahan lainnya di Kota Batu. Setelah Kelurahan Temas, ke depan giliran Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu yang bakal mengikuti lomba tersebut.

“Nantinya untuk lebih mengedepankan Pengurangan Risiko Bencana berbasis Komunitas yang lebih baik lagi Menuju Kota Batu Tangguh Bencana," harap Gatot.

Sedang dalam perlombaan destana dibagi dalam tiga kategori, yakni, Pratama, Madya dan Utama. Masing-masing kategori ditetapkan empat pemenang.

Destana merupakan wujud kontribusi masyarakat dalam upaya menyiapkan diri menghadapi potensi bencana yang mungkin terjadi di wilayahnya. Mulai dari proses mitigasi hingga penanganan penyelamatannya.

Topik
Kelurahan temasnasirul mahasinGatot NoegrohoBPBD Kota Batu
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru