Pemkot Batu Bakal Beri Beasiswa Anak Yatim-Piatu Ditinggal Orangtua Covid-19 Rp 300 Ribu Setiap Bulan

Oct 09, 2021 21:07
Proses pembelajaran tatap muka di SDN Mojorejo 1. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Proses pembelajaran tatap muka di SDN Mojorejo 1. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Penerima beasiswa yang diperuntukkan bagi anak yatim-piatu ditinggal orang tua lantaran Covid-19 di Kota Batu ada sebanyak 80 anak. Rencananya mereka akan menerima beasiswa sebesar Rp 300 ribu setiap bulannya dalam kurun waktu satu tahun.

Anggota Komisi C DPRD Kota Batu, Didik Machmud mengatakan, anak yatim-piatu ditinggal orangtua meninggal akibat Covid-19 diberi beasiswa untuk kepentingan sekolah. Anggaran yang dialokasikan sebesar Rp 1 miliar.

“Beasiswa itu nantinya akan direalisasikan pada tahun depan. Setiap anak mendapatkan Rp 300 ribu perbulannya, dengan total anggaran Rp 1 miliar,” ungkap Didik.

Beasiswa ini sebagai upaya untuk membantu warga Kota Batu. Sekaligus merupakan bentuk kehadiran pemerintah di tengah warganya selama masa pandemi Covid-19.

Pihaknya pun terus meminta kepada Dinas Pendidikan Kota Batu supaya meng-update anak-anak yatim-piatu yang ditinggal orangtua meninggal lantaran Covid-19. Tentunya supaya beasiswa bisa merata.

Terpisah Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, Eny Rachyuningsih menambahkan, saat ini data yang masuk ke Dinas Pendidikan Kota Batu kurang lebih sudah 80 anak. “Masih bisa berubah, karena pendataan masih terus dilakukan,” kata Eny.

Nantinya beasiswa akan diberikan mulai jenjang tingkat TK hingga SMA/SMK. Mereka akan menerimanya langsung ke rekening masing-masing.

Uang yang diberikan lewat rekening tersebut bukan hanya biaya sekolah, namun juga uang saku. Juga dipergunakan untuk keperluan membeli buku.

“Beasiswa ini nanti diberikan langsung kepada anak lewat rekening, jadi anaknya sendiri yang mengelola untuk kebutuhan sekolah,” tambah Eny yang juga mantan Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kota Batu.

Menurutnya bantuan ini merupakan bentuk perhatian Pemkot Batu, agar nantinya anak terbantu dan tidak putus sekolah. Mengingat selama ini Pemkot Batu terus berupaya supaya anak di Kota Batu tidak putus sekolah.

Topik
beasiswa yatim piatuDinas Pendidikan Kota BatuBeasiswa Pendidikanbeasiswa anak yatim piatu
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru