Kembangkan Mutu Akademik, UIN Malang Lakukan Tracer Study

Oct 09, 2021 17:04
Dr Muh Hambali MAg, Ketua tim Pelaksana Tracer Study UIN Maliki (kanan)(Ist)
Dr Muh Hambali MAg, Ketua tim Pelaksana Tracer Study UIN Maliki (kanan)(Ist)

JATIMTIMES - Rekam jejak para alumni merupakan faktor penting dalam pengembangan mutu perguruan tinggi. Sebab, hal tersebut menjadi salah satu kunci dalam evaluasi ekosistem pembelajaran dan pengembangan sebuah perguruan tinggi. Untuk itu, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang melakukan pelacakan alumni yang dilakukan hingga 30 Oktober 2021.

Dr Muh Hambali MAg, Ketua tim Pelaksana Tracer Study UIN Maliki Malang menyampaikan, bahwa target Tracer Study adalah mereka yang merupakan lulusan tahun 2019 dan 2020. Tracer dilakukan dengan memanfaatkan google form. 

Lebih lanjut dijelaskan Hambali, bahwa tujuan Tracer Study adalah untuk mengetahui hasil dari proses pendidikan dari UIN Maliki Malang. Di mana, peralihan atau transisi dari masa perkuliahan ke dunia kerja nyata.

Selain itu, Tracer Study juga sangat berguna untuk proses identifikasi atau pemetaan dalam penyerapan dan kompetensi lulusan dalam dunia kerja. Dengan begitu, hasilnya bisa menjadi bahan review kampus untuk melakukan pengembangan dan menyiapkan lulusan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. 

Sementara itu Dr H Ahmad Fatah Yasin MAg Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UIN Maliki Malang menambahkan, perguruan tinggi sebagai institusi penyedia jasa pendidikan bergerak pada dua wilayah, yaitu quality in fact dan quality perception. 

Konsep quality in fact dijelaskan Ahmad Fatah, mengacu pada upaya perguruan tinggi untuk merekam proses peningkatan mutu para lulusan. Sedangkan untuk konsep quality in perception lebih mengarah pada persepsi masyarakat di dunia usaha dan dunia industri terhadap mutu dari lulusan. 

“Maka dari itu, hasil pelacakan alumni ini akan kami jadikan dasar untuk mengambil langkah-langkah strategis dalam upaya peningkatan kualitas perguruan tinggi," tutur Ahmad Fatah.

Sementara itu, data terakhir hingga 6 Oktober 2021, tercatat jumlah alumni yang terdata 2.599 orang yang merupakan lulusan tahun 2019 dan 2.387 orang merupakan lulusan tahun 2020. Jumlah tersebut kini terus bertambah seiring Tim Tracer Study UIN Maliki Malang yang  terus melakukan kegiatan pelacakan.

Topik
UIN Maliki Malangtracer study uin maliki malangatlet panahan kabupaten malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru