Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Kontribusi Majukan Pariwisata, Mahasiswa KKN-T Unikama Bantu Pengembangan Wisata di Desa Druju

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Yunan Helmy

09 - Oct - 2021, 10:57

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Program Studi (Prodi) Manajemen dan Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) melakukan langkah nyata dalam mendukung kemajuan dunia pariwisata di Desa Druju (Ist)
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Program Studi (Prodi) Manajemen dan Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) melakukan langkah nyata dalam mendukung kemajuan dunia pariwisata di Desa Druju (Ist)

JATIMTIMES - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Program Studi (Prodi) Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) melakukan langkah nyata dalam mendukung kemajuan dunia pariwisata.

Upaya pengembangan pariwisata itu dilakukan mahasiswa KKNT Unikama di Dusun Sumbernanas, Desa Druju, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, dengan membantu mengembangkan Wisata Gunung Kempul. 

Zaragoza Bagasrona, salah satu mahasiswa KKNT, menjelaskan, jika Gunung Kempul ini merupakan lokasi yang berpotensi menjadi tempat wisata pertama yang ada di Desa Druju. 

Akan tetapi, selama ini masyarakat masih belum menyadari betul potensi Gunung Kempul menjadi sebuah lokasi destinasi wisata yang mampu menggeliatkan perekonomian masyarakat. 

1

“Sebenarnya Gunung Kempul ini sangat berpotensi untuk menjadi tempat wisata, hanya saja masyarakat belum memahami hal tersebut dan tidak ada yang mengelola. Jadi, kami sedikit membantu mereka untuk tata kelola Gunung Kempul ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, jika dengan manajemen dan tata pengelolaan yang baik, Gunung Kempul bisa menjadi sebuah destinasi wisata dengan pilihan, dengan karakteristik daerah, serta mengangkat dan melindungi nilai-nilai budaya, agama, adat istiadat serta menjaga kelestarian alam.

"Karenanya perlu optimalisasi," terangnya.

Dr Riril Mardiana Firdaus, SPd MM, Dosen Pendamping lapangan (DPL) menambahkan, dalam upaya optimalisasi, tentunya geliat mengembangkan desa wisata ini tidak berhenti saat launching saja. Desa wisata ini merupakan hal penting yang harus tetap dilestarikan. 

“ Jadi, setelah ini mahasiswa harus bisa membantu masyarakat untuk pengelolaannya. Bisa juga melakukan pendampingan agar masyarakat bisa memahami bagaimana prosedur tata kelola desa wisata, termasuk juga menjaga kelestariannya,” terangnya.

Di sisi lain, Ketua Tim Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Manajemen Unikama Drs Sulistyo M Ak sangat mengapresiasi pemerintah desa yang telah menerima gagasan mahasiswa terkait Desa Wisata Gunung Kempul ini. 

"Semoga wisata ini bisa ramai dikunjungi dan menjadi salah satu tempat wisata favorit di Kabupaten Malang,"tambahnya.

Selain melaksanakan launching desa wisata, mahasiswa KKN-T juga telah membentuk kepengurusan pemuda-pemudi Gunung Kempul sejumlah 19 orang. Hal ini agar Gunung Kempul bisa dikelola dengan baik dan menjadi destinasi pariwisata berkelas serta mampu mendorong pembangunan daerah.


Topik

Pendidikan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Yunan Helmy