Dishub Kota Malang Segera Tambah Fasilitas E-Parkir di Empat Titik

Oct 08, 2021 20:17
Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang Heru Mulyono saat ditemui awak media di Halaman Stadion Gajayana Malang. (Foto: Tubagus Achmad/ JatimTIMES)
Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang Heru Mulyono saat ditemui awak media di Halaman Stadion Gajayana Malang. (Foto: Tubagus Achmad/ JatimTIMES)

JATIMTIMES - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang berencana menambah fasilitas layanan e-parkir yang tersebar di empat titik di Kota Malang. 

Kepala Dishub Kota Malang Her Mulyono mengatakan, untuk empat titik penambahan fasilitas e-parkir tersebut terletak di beberapa kawasan. Yakni di Block Office Kota Malang dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Malang. 

"Di sekitaran Stadion Gajayana akan dipasang dua, satu di pintu masuk Gedung Kartini (Jalan Tangkuban Perahu, red) dan ditambah lagi satu (pintu masuk Stadion Gajayana, red) untuk sepeda motor," ujar Heru kepada JatimTIMES.com. 

Berdasarkan informasi yang tertera dalam lpse.malangkota.go.id , pengadaan barang tersebut bernama Belanja Modal Pengadaan E-Parkir dengan HPS (Harga Perkiraan Sendiri) sebesar Rp 670.675.500, menggunakan sistem tender cepat yang dianggarkan dari APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) Kota Malang Tahun Anggaran 2021.

Heru mengaku saat ini pihaknya sedang melakukan persiapan terkait penambahan fasilitas e-parkir di empat titik yang nantinya bakal memudahkan masyarakat serta petugas Dishub Kota Malang untuk melakukan pengawasan. 

Selain itu, ditempatkannya layanan e-parkir utamanya dua titik yang berada di kawasan Stadion Gajayana Malang, bertujuan untuk mengurai kemacetan atau antrean yang kerap kali terjadi ketika pengunjung akan memasuki maupun keluar dari kawasan Stadion Gajayana melalui pintu sisi barat. 

"Masuk dan keluar pun bisa, misalnya mau masuk dari sana (pintu masuk Gedung Kartini, red) itu bisa, jadi nanti lebih enak kalau lewat sekitaran situ bisa langsung masuk nggak perlu putar lagi," terang Heru. 

Terlebih lagi, pihaknya menyampaikan dengan adanya layanan e-parkir juga dapat mengantisipasi adanya kebocoran retribusi parkir yang diharapkan tidak akan terjadi. 

"Kan sudah ada alur rekamnya (di e-parkir, red) sehingga mengantisipasi adanya kebocoran (retribusi parkir, red)," tutur Heru. 

Sementara itu, pihaknya dengan tegas menyatakan untuk layanan e-parkir di empat titik tersebut dapat segera terealisasi dan di target selesai pada Bulan Desember 2021. 

"Desember harus sudah ready, jadi satu bulan kita coba. Januari sudah bisa diterapkan penuh, seperti ini (e-parkir di pintu masuk Stadion Gajayana, red) kan dulu juga mulai Januari," pungkas Heru.

Topik
e parkirpenampakan genderuwoDishub Kota Malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru