PPKM Dilonggarkan, Angka Kecelakaan di Kabupaten Malang Naik 5 Persen

Oct 08, 2021 18:09
Kasatlantas Polres Malang AKP Agung Fitriansyah (foto: Hendra Saputra/MalangTIMES)
Kasatlantas Polres Malang AKP Agung Fitriansyah (foto: Hendra Saputra/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Satlantas Polres Malang menyebut bahwa setelah penerapan PPKM dilonggarkan, kejadian kecelakaan naik 5 persen. Hal itu seiring banyaknya kendaraan yang masuk di Kabupaten Malang.

Kasatlantas Polres Malang AKP Agung Fitriansyah mengatakan, sejauh ini risiko kecelakaan cukup meningkat. Hal itu juga karena mulai banyaknya kendaraan yang masuk setelah PPKM dilonggarkan.

“Risiko kecelakaan jelas naik tapi tidak signifikan. Kemarin juga sudah kami anev, untuk kejadian laka naik memang 5 persen,” kata Agung, Jum'at (8/10/2021).

Selain angka kecelakaan naik, Agung juga menyebut diantaranya ada korban yang meninggal dunia. “Korban meninggal dunia juga ada, tapi Alhamdulillah masih bisa kami handle. Untuk persentasenya saya harus lihat data dulu,” ujar Agung.

Oleh karena itu, Agung mengaku bahwa saat ini pihaknya memperbanyak imbauan yang dipasang di sejumlah blackspot kecelakaan. Hal itu agar masyarakat selalu waspada ketika mengendarai kendaraan di jalan.

“Kemarin baru selesai juga kami perbanyak imbauan-imbauan di blackspot laka. Kalau memang ada kendaraan yang berpotensi sekali terjadi laka itu pasti kita tindak,” terang Agung.

Ketika PPKM diberlakukan dengan ketat beberapa bulan lalu, Agung mengaku bahwa angka kecelakaan turun hingga 80 persen. Hal itu karena tidak banyak kendaraan yang keluar akibat penyekatan.

“Sebelumnya, dratis penurunan (angka kecelakaan) itu jadi dari sebelum PPKM itu menurunnya 80 persen, PPKM naik ada peningkatan memang 5 persen dan mentok hampir 10 persen,” ungkap Agung.

Agung pun menyebut bahwa saat ini pihaknya juga telah memetakan wilayah yang menjadi tempat rawan kecelakaan. Bahkan hal itu dilakukan sebelum PPKM diberlakukan.

“Pemetaannya yang jelas sebelum PPKM itu wilayah yang sering terjadi laka. Contoh Poncokusumo, Karangkates, Karangploso juga itu masih rawan kecelakaan,” tandas Agung.

Topik
laka lantas kabupaten malangPolres Malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru