Capaian Vaksinasi Tinggi, PPKM Kota Malang Masih Level 3, Ini sebabnya

Oct 07, 2021 16:25
Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kota Malang. (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).
Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kota Malang. (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).

JATIMTIMES - Capaian vaksinasi Covid-19 di Kota Malang saat ini terbilang cukup tinggi. Namun, hal itu rupanya belum menjadikan wilayah ini turun level pada kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Hingga saat ini  Kota Malang masih bertahan di PPKM Level 3 sampai pada 18 Oktober 2021 mendatang.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, saat ini berdasarkan capaian vaksinasi, sejatinya wilayah Kota Malang telah memenuhi indikator minimal. Di mana, capaian vaksinasi dosis pertama sudah berada di angka 83 persen.

Kemudian, untuk vaksinasi dosis kedua di angka 54 persen, dan vaksinasi bagi warga lanjut usia (Lansia) di angka 44 persen. "Semestinya kalau dari capaian vaksinasi kita sudah masuk ke level 2. Karena vaksinasi umum dosis pertama sudah lebih dari 60 persen, dan lansia sudah lebih dari 40 persen," ujarnya, Kamis (7/10/2021).

Hanya saja, belum turunnya level PPKM ini karena indikator capaian vaksinasi harus sama rata di wilayah aglomerasi, dalam hal ini Malang Raya. Artinya, Kabupaten Malang dan Kota Batu setidaknya juga harus memenuhi indikator minimal capaian vaksinasi yang ditetapkan dalam Inmendagri.

"Karena kan kita aglomerasi, maka daerah-daerah lain juga harus sama. Karena apa, batasan dari PPKM Level 3 ke Level 2 itu ada penambahan di Inmendagri capaian vaksinasi aglomerasi, dan ini linier dengan herd immunity," jelas Sutiaji.

Sementara, berkaitan dengan kasus aktif Covid-19 di Kota Malang saat ini tersisa 16 orang. Hal ini cukup memberikan kemajuan yang baik dalam penanganan Covid-19.

Di samping itu, percepatan vaksinasi lansia juga terus digencarkan Pemkot Malang untuk mengejar target asesmen Kementerian Kesehatan (Kemenkes) agar Kota Malang bisa segera turun ke Level 1. Yakni, dengan menyasar ke setiap wilayah untuk memudahkan lansia mendapatkan vaksin Covid-19.

"Vaksinasi lansia yang terus kita gencarkan, basisnya ini sudah dilakukan di masing-masing RW (untuk percepatan vaksinasi lansia)," pungkasnya.

Topik
VaksinasiSutiajibondowoso masuk level 3aglomerasi
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru