Pengkukuhan Pokja Bunda PAUD Tingkat Kota Hingga Kelurahan, Wali Kota Ungkap Peran Pentingnya

Oct 07, 2021 12:41
Suasana pengkukuhan Pokja Bunda PAUD Kota Malang serta Bunda PAUD Kelurahan dan Kecamatan. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Suasana pengkukuhan Pokja Bunda PAUD Kota Malang serta Bunda PAUD Kelurahan dan Kecamatan. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Kelompok Kerja (Pokja) Bunda PAUD Kota Malang serta Bunda PAUD kelurahan dan kecamatan di Kota Malang dikukuhkan Kamis (7/10/2021) di Mini Blok Office Balai Kota Malang.

Dalam pengkukuhan tersebut, Wali Kota Malang  Sutiaji mengungkap peran penting Bunda PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). "Bunda PAUD punya peran penting dan strategis, dikomandani Pokja PAUD," ujarnya.

Menurut Sutiaji, Bunda PAUD menjadi wahana dalam melakukan penataan bagaimana Indonesia kebdepan dalam membentuk sumber daya unggul. Karena itulah, hal tersebut kemudian perlu dilakukan penguatan.

Dalam penguatan, terdapat tiga planning. Pertama, untuk PAUD yang berkualitas, peran Bunda PAUD tingkat Kota Malang perlu melakukan advokasi ke berbagai pemangku kepentingan di daerah. Hal itu tentunya sebagai salah satu upaya penguatan pemahaman mengenai pentingnya PAUD, termasuk juga penguatan dukungan bagi satuan PAUD agar dapat menyediakan layanan-layanan yang berkualitas.

"Kan sudah ada bagi tugas. Memantau untuk terus berlomba menciptakan SDM unggulan mulai dari tingkat dasar. Di Jepang, guru PAUD ini sangat penting. Bahkan gajinya lebih banyak daripada guru SMA," ungkap Sutiaji.

Yang kedua, Bunda PAUD harus mempunyai cara atau strategi, terlebih lagi dalam kerja sama dengan instansi atau masyarakat. "Mereka juga harus beda cara-caranya. Misalnya Kecamatan Kedungkandang dan Klojen dan yang lainnya, harus beda  sehingga terus muncul kreativitas yang kian memajukan PAUD menjadi lebih berkualitas," ucap Sutiaji.

Dan yang ketiga adalah mempunyai tujuan. Satu dengan yang lainnya harus saling kompak untuk saling membantu. 

Selain itu, Sutiaji menyampaikan, kunci keberhasilan salah satunya adlah mempunyai keyakinan maupun idealisme. "Dan setiap ada pengkukuhan, ini mesti saya ingatkan," ujar Sutiaji.

1

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang Suwarjana SE MM menjelaskan,  pengkukuhan ini merupakan tindak lanjut dari pengukuhan Pokja Bunda PAUD yang telah dikukuhkan gubernur Jatim. 

"Kita menindaklanjuti itu. Bunda PAUD sebagai mitra dengan pemangku kepentingan lainnya guna mewujudkan layanan PAUD yang berkualitas," pungkas Suwarjana.

 

Topik
Bunda PAUDbaliho puan maharaniWali Kota Malang Sutiajipembangunan gronjong
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru