Forum Lalu Lintas Kota Malang Segera Digelar, Bahas Terkait Penerapan Ganjil-Genap

Oct 06, 2021 19:54
Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto saat ditemui awak media seusai meninjau pelaksanaan vaksinasi drive thru di Halaman Stadion Gajayana Malang, Rabu (6/10/2021). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto saat ditemui awak media seusai meninjau pelaksanaan vaksinasi drive thru di Halaman Stadion Gajayana Malang, Rabu (6/10/2021). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Rencana penerapan ganjil-genap di Kota Malang akan segera dilakukan Forum Lalu Lintas yang melibatkan banyak pihak untuk memberi pertimbangan dan hasil kajian terkait ketepatan penerapannya. 

Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto mengatakan, Forum Lalu Lintas yang khusus membahas mengenai rencana penerapan ganjil-genap dan mengundang banyak pihak tersebut akan dilakukan oleh Kasat Lantas Polresta Malang Kota AKP Yoppi Anggi Khrisna. 

"Ini tergantung pak Kasat Lantas, nanti (Kasat Lantas) akan mengumpulkan forum lalu lintas (terkait rencana ganjil genap)," ungkap perwira yang akrab disapa Buher kepada JatimTIMES.com, Rabu (6/10/2021)  

Mengenai pelibatan pihak-pihak luar, Polresta Malang Kota juga akan mengundang civitas akademis yang mumpuni di bidangnya dari kampus-kampus yang ada di Kota Malang. 

Kemudian Dinas Perhubungan terkait pemasangan rambu-rambu lalu lintas. Ditambah lagi kehadiran masyarakat serta relawan yang akan turut serta menyumbangkan ide dan gagasan mengenai rencana penerapan ganjil-genap di Kota Malang. 

Dari pelibatan pihak-pihak di luar kepolisian tersebut yang akan melakukan kajian dan analisa. Nantinya hasil dari kajian serta analisa akan menjadi pertimbangan rencana penerapan ganjil-genap. 

"Kita harus meninjau evaluasi minggu ini, minggu besok sampai minggu berikutnya. Kita evaluasi dulu, kapan saja sih jam-jam kemacetan itu. Kita tinjau, kita kaji, kapan bisa kita menerapkan," ujar Buher. 

Hal itu akan menjadi pertimbangan lanjutan terkait jadinya penerapan ganjil-genap di Kota Malang. Buher juga menegaskan kajian juga dilakukan pada kondisi ruas-ruas jalan alternatif, apakah masih layak untuk dilalui jika diterapkan ganjil-genap. 

"Kita harus melihat sarana prasarana mendukung nggak. Kalau jalan itu rusak kan nggak bisa dibuat alternatif," kata Buher. 

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan bahwa selain hasil kajian dari Forum Lalu Lintas, selanjutnya harus didukung dengan dikeluarkannya Peraturan Wali Kota Malang untuk memberikan regulasi penerapan ganjil-genap di Kota Malang. 

"Tidak serta merta suatu kebijakan itu dilaksanakan secara paksa, tapi kita harus melibatkan dulu pihak-pihak terkait dan melihat dulu kondisinya. Kita tidak berharap kondisi covid naik lagi," pungkas Buher.

Topik
Nicholas Sean PurnamaForum Lalu Lintas Kota MalangPolresta Malang Kota
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru