Vaksinasi Drive Thru Perdana Digelar, Polresta Malang Kota Sediakan 50 Dosis Vaksin Sinovac

Oct 06, 2021 16:51
Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto (tengah) saat meninjau pelaksanaan vaksinasi drive thru bagi masyarakat di Halaman Stadion Gajayana Malang, Rabu (6/10/2021). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto (tengah) saat meninjau pelaksanaan vaksinasi drive thru bagi masyarakat di Halaman Stadion Gajayana Malang, Rabu (6/10/2021). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Vaksinasi Drive Thru kembali digelar di Kota Malang. Bertempat di halaman Stadion Gajayana Malang, vaksinasi Drive Thru yang digelar Polresta Malang Kota ini menyediakan 50 dosis Vaksin Covid-19 Sinovac dosis pertama.

Vaksinasi Drive Thru ini sebelunya sudah di-Launching dan disaksikan oleh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Malang Raya pada hari Jumat, 1 Oktober 2021 di Polres Malang.

Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto mengatakan, vaksinasi drive thru merupakan inovasi yang dibuat oleh Polres Malang Raya untuk mengakomodir permintaan vaksin dari masyarakat yang terus berdatangan.

"Tujuannya selain kita meningkatkan herd immunity (kekebalan secara kelompok, red) di Kota Malang dan Malang Raya, dan ini memberikan kemudahan bagi masyarakat," ungkap perwira yang akrab disapa Buher kepada JatimTIMES.com, Rabu (6/10/2021).

Pihaknya menyampaikan, untuk informasi mengenai pendaftaran vaksinasi drive thru dibuka melalui media sosial instagram Polresta Malang Kota Official serta masyarakat yang memanfaatkan Aplikasi Simpati Makota yang berbasis nomor WhatsApp 081232391453.

Setelah itu, para pendaftar pun diarahkan untuk melakukan pendaftaran melalui google form beberapa hari sebelumnya. Selain itu masyarakat juga dapat melakukan pendaftaran secara langsung di lokasi vaksinasi drive thru dengan membawa KTP (Kartu Tanda Penduduk) atau Kartu Keluarga.  

Petugas Dokkes Polresta Malang Kota saat melakukan pengecekan tensi darah calon peserta vaksinasi drive thru.

Setelah melakukan proses tersebut, masyarakat harus melalui tahapan pengecekan kesehatan, skrining, penyuntikan vaksin dan berakhir di tempat observasi. 

"Target per hari kita 50 dosis, apakah bisa kita laksanakan setiap hari, apakah di hari senin, rabu dan sabtu," ujar Buher.

Vaksinasi drive thru yang nantinya akan berkeliling menggunakan Mobil Vaksinasi Drive Thru dengan petugas dari Dokkes Polresta Malang Kota ini juga bertujuan mengurangi antrean yang kemungkinan bakal terjadi ketika dilakukan vaksinasi massal.

"Vaksinasi drive thru ini juga bisa mengurangi antrean kerumunan masyarakat dan bisa berpindah-pindah dengan menyasar lansia yang kesulitan datang ke gerai vaksin," tutur Buher.

Lebih lanjut nantinya masyarakat yang telah menjalani vaksinasi drive thru untuk dosis kedua akan dilaksanakan pada tanggal 3 November 2021 di tempat yang sama yakni Halaman Stadion Gajayana Malang.

"Untuk dosis kedua tetap kita laksanakan disini, kami sudah mengimbau saat mereka ambil kartu vaksin, mereka harus kembali kesini," kata Buher.

Vaksinasi drive thru yang dilakukan kepada pengendara roda empat.

Untuk lokasi selanjutnya, pihaknya sedang merencanakan untuk menggelar vaksinasi drive thru di Taman Krida Budaya yang berada di Jalan Soekarno-Hatta Kota Malang. Namun, saat ini terkendala karena sedang dilakukan renovasi.

"Nanti kita mungkin lihat lagi disisi wilayah lain, apakah di daerah dinoyo, daerah soekarno hatta atau kedungkandang, kita akan lihat di mana lokasi yang pas. Karena drive thru ini harus memiliki alur pakir yang lumayan luas," tandas Buher.

Sementara itu, salah satu pengendara yang mengikuti program vaksinasi drive thru bernama Andreas Budi (36) mengaku lebih dimudahkan dengan adanya vaksinasi drive thru. Dirinya pun bersama istri dan ibunya mengikuti vaksinasi drive thru.

"Ya merasa dimudahkan sih mas, terus set3lah di suntik vaksin nggak terasa apa-apa, harapan saya agar lebih sehat saja," pungkas Andreas.

Topik
vaksinasi drive thruvaksinasi drive thrue untuk masyarakatBudi Hermanto
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru