Masih Punya PR Tuntaskan Vaksinasi Lansia, Kota Malang Belum Bisa Turun Level PPKM

Oct 05, 2021 11:16
Wali Kota Malang, Sutiaji. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Wali Kota Malang, Sutiaji. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Progress percepatan vaksinasi di Kota Malang terus digencarkan. Tahapan-tahapan terus dioptimalkan untuk mengejar target 70 persen herd immunity 70 persen.

Bukan hanya masyarakat umum, namun juga vaksinasi bagi warga lanjut usia (lansia) yang masih terus dimaksimalkan. Pasalnya, saat ini, capaian vaksinasi lansia baru mencapai 43, 62 persen.

Wali Kota Malang Sutiaji menyatakan, capaian tersebut menjadi salah satu evaluasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Hal ini pula yang tengah menjadi PR Pemerintah Kota (Pemkot) Malang untuk segera menuntaskan pelaksanaan vaksinasi.

"Evaluasi untuk kita itu terkait vaksinasi. lansia. Di kita baru 43,62 persen. Ini data sampai hari Minggu kemarin ya. Nanti di-update lagi. Dan ini PR kita masih di lansia," ujar Sutiaji.

Dari capaian saat ini, dosis pertama vaksinasi covid-19 di Kota Malang memang sudah cukup tinggi, yakni mencapai 81,54 persen. Namun, untuk dosis kedua vaksinasi baru tercapai 52 persen.

Angka itu belum menjadikan Kota Malang mampu mewujudkan herd immunity atau kekebalan kelompok berdasarkan capaian vaksinasi seperti yang ditagetkan sebelumnya. Sebab, kekebalan kelompok akan tercapai ketika capaian vaksinasi minimal 70 persen juga telah terlaksana untuk dosis kedua.

"Dosis satu masyarakat umum dan anak-anak sudah tercapai. Dosis kedua ini sudah lumayan. Terus kita upayakan," jelas Sutiaji.

Capaian vaksinasi ini masih menjadi kendala Pemkot Malang untuk menurunkan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berdasarkan penilaian Kementerian Dalam Negeri. Untuk diketahui, pemerintah pusat kembali memperpanjang PPKM Level 2, 3, dan 4 hingga dua pekan ke depan. Yakni, mulai 5 sampai 18 Oktober 2021.

Di masa perpanjangan ini, wilayah Malang Raya, yakni Kota Malang, Kota Batu, dan Kabupaten Malang, masih menempati status level 3. Namun, penentuan PPKM Level ini berbeda dengan asesmen Kementerian Kesehatan yang menempatkan  Kota Malang masuk ke level 2.

Topik
Pemkot MalangWali Kota Malang Sutiajippkm kota malangBerita Malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru