Kunjungi Pasar Rakyat, Ketua Komisi B DPRD Kota Malang Serap Aspirasi Pedagang

Oct 05, 2021 10:17
Ketua Komisi B DPRD Kota Malang Trio Agus Purwono (bertopi) saat bertemu pedagang di Pasar Klojen. (Foto: Istimewa).
Ketua Komisi B DPRD Kota Malang Trio Agus Purwono (bertopi) saat bertemu pedagang di Pasar Klojen. (Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Berbagai cara dilakukan untuk menyerap segala aspirasi rakyat. Seperti yang dilakukan Ketua Komisi B DPRD Kota Malang Trio Agus Purwono belum lama ini.

Melalui kegiatan Kunjungan Pasar Bawa Berkah, Trio menyempatkan untuk turut serta mengunjungi Pasar Klojen. Di samping memastikan kondisi pasar yang aman, nyaman, dan sehat, kegiatan itu  juga dijadikan ajang untuk saling menyapa dan menyerap aspirasi pedagang.

Kegiatan yang diinisiasi Paguyuban pedagang Pasar Kota Malang (P3KM) ini cukup diapresiasi dan diharapkan bisa dilakukan secara bergilir ke seluruh pasar rakyat lainnya. "Harapanya  bisa menyerap aspirasi dari pedagang pasar sehingga mengetahui secara langsung apa yang jadi  persoalan pedagang agar pasar rakyat bisa semakin dan terus ramai karena dikelola dengan baik," ujar Trio.

Sebagai anggota dewan, Trio  juga terus mendorong Pemkot Malang untuk menuntaskan PR revitalisasi pasar rakyat lainnya sehingga menjadi pasar yang nyaman, termasuk dari segi pengelolaanya.

Pria yang juga wakil ketua Fraksi PKS DPRD Kota Malang ini meminta agar konsep-konsep revitalisasi pasar rakyat berbasis modernisasi. Hal ini agar mampu bersaing dengan retail modern ataupun supermarket.

"Sehingga semakin banyak pembeli yang tertarik belanja ke pasar rakyat seperti Pasar Klojen. Ke depan pasar rakyat harus siap bersaing dengan pasar retail dan supermarket dengan memanfaatkn teknologi dan menyesuikan dengan zaman. Pasar sebagai pusat perputaran uang. Jika pasar sehat, maka perekonomian kota juga akan sehat,"  ucap Trio.

D isamping itu, Trio  mengajak para pedagang untuk mengasah kemampuan dengan mengikuti sekolah pedagang yang diadakan oleh Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang. Hal ini akan membuat pedagang untuk mampu bersaing dengan pasar modern.

"Sehingga pedagang memiliki ilmu tambahan dalam berjualan agar bisa bertahan dan tumbhh dengan baik. Apa yang sudah baik di Pasar Klojen saat ini, lingkungan yang sudah bersih, nyaman, dan tertib juga harus diimbangi dengan pelayanan dan pengelolaan yang baik serta harga yang bersaing," terangnya.

Trio mengharapkan, Pasar Klojen bisa menjadi pelopor pasar rakyat lainnya yang modern. Dengan begitu, bisa menjadi jujugan para wisatawan yang ke Kota Malang untuk merasa nyaman ketika berbelanja di pasar rakyat.

Adapun aspirasi pedagang berkaitan dengan adanya retribusi gratis, penegakan parkir, serta pedagang kaki lima di area pasar akan ditindaklanjuti kepada dinas terkait. "Semoga Pasar Klojen bisa jadi pelopor pasar rakyat yang dikelola secara modern. Harapannya bisa sebagai salah satu tempat wisata juga untuk wisatawan luar Kota Malang," tandas Trio.

 

Topik
DPRD Kota MalangSurat ke BloombergSerap Aspirasipasar Kota Malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru