Perwakilan Warga 3 Desa Geruduk Kantor DLH Kota Batu, Gara-Gara Ada Kolam di Area Sumber Gemulo

Oct 04, 2021 21:49
Kolam ikan yang dibangun Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu dekat kawasan konservasi sumber mata air Umbul Gemulo. (Foto: istimewa)
Kolam ikan yang dibangun Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu dekat kawasan konservasi sumber mata air Umbul Gemulo. (Foto: istimewa)

JATIMTIMES - Nawakalam dan Malang Corruption Watch (MCW) serta wakil masyarakat di 3 desa yaitu Desa Sidomulyo, Desa Bulukerto dan Desa Punten mendatangi kantor Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu di Balai Kota Among Tani untuk beraudiensi, Senin (4/10/2021).

Mereka hadir lantaran resah mengetahui adanya dugaan perubahan fungsi lahan di kawasan sumber mata air di Umbul Gemulo, Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Sebab mengetahui secara tiba-tiba didapati ada 3 kubangan kolam ukuran 6 meter di dekat sumber.

Sebab sebelumnya, warga mengetahui kawasan tersebut didapati masih terlihat rimbun dengan tumbuhan. Tetapi saat ini sudah rata dan menyisakan kubangan besar tanpa sepengetahuan warga sekitar.

“Tiba-tiba dibangun di dekat kawasan konservasi. Kalau gak ada laporan kan berpotensi merusak lingkungan,” kata salah satu perwakilan warga Pradipta Indra.

Menurutnya sumber mata air Umbul Gemulo, sangat penting karena digunakan untuk kebutuhan pokok sehari-hari dan irigasi oleh sebagian desa di Kota Batu. Selain itu Sumber Umbul Gemulo juga memiliki nilai sejarah yang penting bagi masyarakat utara Brantas.

Terpisah, Kepala DLH Kota Batu Aris Setiawan mengatakan, jika sebelumnya sudah melakukan koordinasi dengan Kepala Desa Bulukerto. Adanya sebuah kolam, karena ke depan akan ada program lahan konservasi ikan endemik Kota Batu seperti ikan Tombro Punten, ikan Sengkaring hingga ikan Koi.

“Kolam itu nantinya akan menjadi lahan pemijahan telur-telur ikan yang ada. Nanti jika sudah tumbuh besar, maka akan disebar ke sungai-sungai tematik yang ada di Kota Batu,” ucap Aries.

Bahkan Aries menjamin tidak ada kegiatan pembangunan fisik. Sebab budidaya ikan ini butuh aliran air adaptif dari sungai, ditambah kolamnya juga dari tanah.

Topik
umbul gumelo kota batuKostum Squid GameDLH Kota Batu
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru