Melihat "Kemesraan" Jokowi dan Prabowo di Bumi Cenderawasih

Oct 04, 2021 09:25
Menhan Prabowo Subianto dan Presiden Joko Widodo. (Foto: Instagram @prabowo)
Menhan Prabowo Subianto dan Presiden Joko Widodo. (Foto: Instagram @prabowo)

JATIMTIMES - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pertahanan (Menhan)  Prabowo Subianto rupanya terus menampakkan keakraban di hadapan publik. Kali ini Jokowi dan Prabowo tampil 'mesra' di Bumi Cenderawasih Papua.

Jokowi dan Prabowo bertolak ke Papua untuk melakukan sejumlah kegiatan. Pada Minggu (3/10/2021), salah satu  kegiatan Jokowi dan Prabowo yaitu meresmikan gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Tahun 2021. 

Terdapat 7 arena PON XX Papua yang diresmikan Jokowi, yang ditemani Prabowo. Selain Prabowo, Jokowi meresmikan arena PON bersama Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. 

Turut hadir pula Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Gubernur Papua Lukas Enembe, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, dan Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar.

Saat peresmian, Jokowi meminta agar arena-arena pertandingan yang telah dibangun untuk PON XX Papua Tahun 2021 terus dirawat dan dimanfaatkan dengan baik meski acara PON usai. Jokowi juga mengingatkan jajarannya untuk benar-benar menjaga arena yang sudah diresmikan dan dibangun itu. 

Ia mengatakan tidak ingin fasilitas yang sudah dibangun menjadi rusak dan tidak terawat. "Setelah mampu membangun venue-venue yang baik ini, pekerjaan kita belum selesai. Tugas selanjutnya adalah menjaga, merawat, dan memanfaatkan venue ini dengan sebaik-baiknya," ujar Jokowi berdasarkan keterangan pers yang disampaikan Biro Pers Sekretariat Presiden, Sabtu (2/10/2021).

Selain meresmikan PON Papua, Jokowi dan Prabowo juga meresmikan Rumah Sakit Jenderal TNI LB Moerdani di Merauke, Papua. Jokowi berharap Rumah Sakit Jenderal TNI LB Moerdani ini bisa mempermudah pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Acara peresmian Rumah Sakit Jenderal TNI LB Moerdani disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (3/10/2021). 

"Alhamdulillah pada sore hari ini pembangunan rumah sakit Jenderal TNI LB Moerdani sudah selesai dan siap dimanfaatkan untuk melayani masyarakat, utamanya masyarakat di Kabupaten Merauke. Rumah sakit ini dibangun sangat cepat, kurang lebih 20-an hari," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan rumah sakit ini awalnya dibangun untuk mempercepat penanganan covid-19. Selain itu, rumah sakit tersebut dapat  dimanfaatkan untuk mendukung pelaksanaan PON XX di Papua dan untuk melayani seluruh masyarakat Papua.

Jokowi mengatakan di masa pandemi ini, fasilitas kesehatan di semua negara sangat dibutuhkan. Terutama bagi masyarakat di daerah yang sulit terjangkau. "Saya berpesan agar rumah sakit ini dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk melayani seluruh masyarakat dengan pelayanan yang cepat dan nyaman," ujar Jokowi.

Melengkapi keakraban yang telah dibangun, Prabowo tampak mengunggah foto bersama Jokowi di Papua. Dalam foto tersebut Jokowi dan Prabowo saling hormat.

Foto Jokowi dan Prabowo saling hormat itu diunggah di akun Instagram @prabowo pada Minggu (3/10/2021). Jokowi terlihat mengenakan kemeja berwarna putih dan Prabowo memakai kemeja berwarna cokelat. "Tanah Miring, Kabupaten Merauke," tulis Prabowo.

Melihat foto itu, banyak warganet yang turut senang melihat keakraban Jokowi dan Prabowo.

@laughtale99: "Seneng banget liat pak Prabowo, dimana banyak yg ngerendahin pak Jokowi tapi bapak tetap menghormatinya."

@dhanangariono: "Mantab 2 bapak idola saya, sehat2 ya pak jokowi dan pak prabowo, bersama membangun bangsa."

Bahkan ada yang menyebut bahwa Prabowo kelak akan menggantikan Jokowi sebagai presiden.

@ditho6: "Presiden dan the Next Presiden."

@adidjoyoyuwono: "RI 1 2024."

Namun ada pula warganet yang salah fokus dengan sikap hormat Jokowi. Pasalnya tampak tangan sebelah kiri Jokowi yang dimasukkan di dalam saku. 

Warganet menilai jika sikap hormat Jokowi itu salah.

@bang_eza_: "Sikap hormat presiden kok gitu yah, ga prnh ikut pbb.? Kok bisa.???"

@robbyrobman: "beda sikap hormat nya juga ya."

@rdwanznf_: "Kalo hormat tangan kiri nya jangan dimasukin saku."

Topik
Presiden Joko WidodoJokowiPrabowo Subiantopersiapan pon papua
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru