Vaksinasi Covid-19 Mulai Menyasar Penghuni Tahanan Polresta Malang Kota

Oct 02, 2021 15:21
Salah satu tahanan Polresta Malang Kota yang sedang menjalani vaksinasi di Ruangan Sat Tahti Polresta Malang Kota, Jumat (1/10/2021). (Foto: Humas Polresta Malang Kota)
Salah satu tahanan Polresta Malang Kota yang sedang menjalani vaksinasi di Ruangan Sat Tahti Polresta Malang Kota, Jumat (1/10/2021). (Foto: Humas Polresta Malang Kota)

JATIMTIMES - Tahanan Polresta Malang Kota tak luput dari sasaran vaksinasi Covid-19. Sebanyak 40 tahanan menjalani vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan Satuan Perawatan Tahanan dan Barang Bukti (Sat Tahti) Polresta Malang Kota bekerja sama dengan Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polresta Malang Kota, Sabtu (2/10/2021).

Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto melalui Kasat Tahti Polresta Malang Kota AKP Sunarso mengatakan, sebanyak 40 tahanan tersebut terdiri dari 37 tahanan laki-laki dan 3 tahanan perempuan. 

Kegiatan vaksinasi dilakukan dengan dibantu tenaga vaksinator dari Biddokkes Polresta Malang Kota di mana hal tersebut sebagai upaya Polresta Malang Kota dalam mempercepat  serta pemerataan vaksinasi termasuk kepada tahanan Polresta Malang Kota. 

"Para tahanan harus diperhatikan secara serius terutama mereka yang berada di ruangan tertutup yang berpotensi terjadi penularan virusnya cukup tinggi," ungkap Sunarso dalam keterangan resmi yang diterima JatimTIMES.com, Sabtu (2/10/2021). 

Salah satu upaya mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 didalam ruang tahanan Polresta Malang Kota yakni dengan mamasifkan vaksinasi. Karena dengan menerima suntikan vaksin dapat memperkecil kemungkinan seseorang tertular Covid-19 dengan gejala berat. 

"Kita tidak bisa bayangkan jika salah satu dari tahanan terkonfirmasi positif, malah penyebaran akan begitu cepat dan berbahaya bagi personel Polresta Malang Kota maupun tahanan lain," ujar Sunarso. 

Selain untuk membantu pemerintah dalam menjalankan program percepatan vaksinasi demi mewujudkan herd immunity di internal Polresta Malang Kota, kegiatan vaksinasi kepada para tahanan merupakan bentuk kepedulian kemanusiaan dan pemerataan hak Warga Negera Indonesia (WNI) untuk memperoleh hak sehat. 

"Setiap masyarakat berhak atas akses vaksinasi untuk kesehatan. Hari ini kita praktikkan kepada para tahanan kita, semoga semuanya sehat," tutur Sunarso. 

Karena bagaimana pun juga, menurutnya tahanan juga berhak mendapatkan layanan  vaksinasi sebagai perwujudan pemenuhan hak sehat kepada setiap WNI demi meningkatkan kekebalan komunal dari Covid-19.

Sebagai informasi, berdasarkan data Sat Tahti Polresta Malang Kota per hari Sabtu (2/10/2021) narapidana (napi) yang berada di dalam Ruang Tahanan (rutan) Polresta Malang Kota berjumlah 76 orang yang nantinya akan secara bertahap menerima vaksin dosis pertama maupun dosis kedua.

Topik
Vaksinasi Covid 19Budi Hermantoduta fakultas psikologi uin maliki malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru