Bikin Bangga, Atlet Sepatu Roda Kota Malang Kembali Raih Emas di PON Papua

Oct 02, 2021 12:10
Yossy Aditya Nugraha (depan) saat finish di nomor pertama kelas perseorangan maraton putra (foto: istimewa)
Yossy Aditya Nugraha (depan) saat finish di nomor pertama kelas perseorangan maraton putra (foto: istimewa)

JATIMTIMES - Atlet sepatu roda asal Kota Malang Yossy Aditya Nugraha kembali mendapatkan medali emas dalam kategori Maraton Putra dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021.

Ayah kandung Yossy, Suwono mengatakan bahwa anaknya itu sebenarnya sudah memiliki bakat olahraga sejak kecil. Padahal mulanya ia akan dijadikan oleh orang tuanya untuk menjadi atlet sepeda.

“Pada awalnya memang saya kan atlet balap sepeda, jadi dulu itu saya ikutkan di sepeda anak saya, harapan saya mengikuti jejak orang tuanya jadi pembalap atlet balap sepeda,” terang Suwono.

“Ternyata ada lomba kecil-kecilan lawannya besar trauma kalah akhirnya suruh sepedaan lagi tidak mau,” imbuh Suwono.

Akan tetapi, Suwono yang juga sebagai pengurus ISSI Kota Malang memiliki kedekatan dengan cabang olahraga (cabor) lain ingin agar Yossy memilih sendiri olahraga yang disukai. Akan tetapi, mungkin karena jodoh dengan sepatu roda akhirnya tetap di cabor tersebut.

“Setelah itu cabor di Kota Malang banyak sekali waktu itu ada sekitar 42 cabor, ya saya pilihkan saja main ke cabor mana voly basket. Ternyata di rampal waktu itu ada sepatu roda dengan pak Eko itu pelatihnya, waktu itu ada 4 anak saja di rampal akhirnya saya lihat kan ke situ tertarik dicobain dan tertarik terus latihan rutin sampai awalnya 2009 sampai hari ini,” ungkap Suwono.

Yossy sendiri telah mengikuti beberapa kejuaraan di berbagai daerah. Mulai dari kejuaraan daerah hingga nasional.

“Lomba-lomba diikuti mulai di PON Jawa Barat pernah, awalnya masih kecil SMP sudah dapat medali perak waktu itu,” kata Suwono.

Ketika mendapat medali emas di ajang PON Papua ini, Suwono berharap agar anaknya dapat terus berjuang demi nama Kota Malang dan juga Jawa Timur. Sebab, ia salah satu atlet yang diharapkan menyumbangkan emas.

“Harapan saya sebagai orangtua kami bangga, tetap diteruskan prestasinya sampai terakhirlah, jangan berhenti di atlet saja kan ilmunya sayang kalau hanya begitu saja, diteruskan ke adik-adiknya untuk jadi pelatih di Kota Malang maupun di Jawa Timur,” harap Suwono.

Sebagai informasi, Yossy Aditya Nugraha di ajang PON Papua 2021 meraih medali perunggu di kategori 15.000m, perak kategori 1.000m, emas kategori team relay dan emas kategori perseorangan maraton.

Topik
atlet sepatu rodavandaalismepersiapan pon papua
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru