Manfaatkan Medsos untuk Layanan Publik, Diskominfo Kota Malang Sinergi dengan Seluruh Perangkat Daerah

Oct 01, 2021 15:01
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang, M Nur Widianto. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang, M Nur Widianto. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Pelayanan publik berbasis digitalisasi terus dioptimalkan di Kota Malang. Berbagai instansi di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Malang dituntut aktif dalam memberikan informasi dan edukasi akan pelayanan di masing-masing sosial medianya.

Guna memperkuat pelayanan berbasis digitalisasi tersebut, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang melakukan sinergitas terhadap pengelolaan media sosial tiap instansi. Salah satunya, memfasilitasi tiap admin media sosial untuk saling berbagi akan inovasi hingga persoalan yang ditemui dalam mengelola pelayanan berbasis digital. Sehingga, bisa saling diselesaikan ketika mengalami persoalan dalam memberikan askes layanan kepada masyarakat.

"Secara teknis, kami juga telah membentuk grup admin untuk pengelolaan web dan media sosial yang jadi media untuk kita saling berbagi kedepannya. Bahkan aduan-aduan yang selama ini terkanal di kita akan dikirim ke admin kita. Ini menjadi bagian dari proses itu," terang Kepala Diskominfo Kota Malang, M. Nur Widianto.

Adanya informasi-informasi di setiap instansi Pemkot Malang, dalam hal ini juga disinergikan dengan web resmi Diskominfo Kota Malang. Hal itu menjadi salah satu upaya agar informasi tetap bisa tersampaikan kepada masyarakat.

Sehingga, ke depannya, diharapkan keluhan akan salah informasi layanan oleh masyarakat bisa berkurang. "Kita dorong isu-isu, info layanan, untuk dikanalkan juga ke web kita. Kalau data terkeep tak teralirkan akan jadi masalah. Jadi berbagai info ke para admin itu penting," terang pria yang akrab disapa Wiwid tersebut.

Karenanya, untuk pengelolaan jenis layanan publik berbasis digitalisasi dianggap penting. Dalam hal ini, juga untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas layanan dari masing-masing instansi.

"Intensitas produk atau jenis layanan yang dimiliki itu nantinya ada peningkatan secara frekuensi kuantitasnya. Sehingga intensitas untuk memanage tata kelola bisa berjalan lebih baik," pungkas Wiwid.

Topik
Diskominfo Kota Malangpelayanan berbasis digitalM Nur Widianto
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru