Spirit from The East II, 11 Perupa Pamerkan Semangat dan Khazanah Ketimuran

Oct 01, 2021 14:38
Pengunjung tengah melihat lukisan di pameran Spirit from The East II di gedung Dewan Kesenian Malang. (Foto: Nurlayla Ratri/JatimTIMES)
Pengunjung tengah melihat lukisan di pameran Spirit from The East II di gedung Dewan Kesenian Malang. (Foto: Nurlayla Ratri/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Sepekan terakhir, tiga ruang pamer gedung Dewan Kesenian Malang (DKM) diwarnai karya-karya seni rupa, baik lukisan maupun seni instalasi. Sejak 25 September hingga 2 Oktober, sebanyak 11 perupa lintas generasi menggelar pameran bertajuk Spirit from The East II.

Beberapa judul karya lukisan yang dipajang di antaranya ada seri Etnik Nusantara karya Amdo Brada. Juga ada lukisan berjudul Bidadari Menunggu karya Anthony Wibowo yang mengambarkan tujuh sosok perempuan tengah duduk berjajar.

Pengulas pameran, Agung Purnomo mengungkapkan dari karya-karya yang tengah dipamerkan para seniman banyak menampilkan kekayaan khazanah ketimuran. Di antaranya falsafah, budaya, maupun letak geografis.

Spirit-from-The-East-II-23ea3820ba8447ee7.jpg

"Karya-karya yang ditampilkan setidaknya merupakan suatu pesan yang tersirat bahwa nilai-nilai falsafah, budaya, seni dan alam kita memiliki daya tarik artistik dan daya tarik intuisi dalam penciptaan atau eksplorasi karya seni yang luar biasa," ungkapnya.

Hal tersebut, lanjut Agung, merupakan salah satu karakteristik dan dapat menjadi acuan identitas seni rupa khas “Timur”. Menurutnya, pameran “Spirit From The East II” bisa dijadikan wacana baru dan gairah dalam berkesenian.

"Memandang seni rupa sebagai keberanian menentukan sikap untuk mengungkapkan identitas budaya dan falsafah. Serta meletakkan mental seniman sebagai alram early warning dalam merespon zaman dan menjadikan seni sebagai strategi kebudayaan bangsa Indonesia," terang dosen ilmu komunikasi Universitas Gajayana Malang itu.

Perupa yang terlibat dalam pameran tersebut yakni Amdo Brada, Anthony Wibowo, Beny Dewo, Hendung Tunggal Jati,  Nurali, Setyoko, Slamet Henkus, Sugiyo, Widji Paminto Rahayu, Widodo Basuki, dan Yon Wahyuono.

Topik
Dewan Kesenian Malanggedung Dewan Kesenian Malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru