Malang Flower Carnival Digelar Bulan Ini, Catat Tanggalnya

Oct 01, 2021 12:20
Event Malang Flower Carnival (MFC) pada 2019 lalu. (Foto: Dokumentasi JatimTIMES).
Event Malang Flower Carnival (MFC) pada 2019 lalu. (Foto: Dokumentasi JatimTIMES).

JATIMTIMES - Bagi masyarakat yang tengah menantikan event tahunan megah Malang Flower Carnival (MFC) kiranya patut berbahagia. Sebab, event tersebut bakal kembali menyambut masyarakat Kota Malang di bulan Oktober 2021 ini.

Meski sempat tertunda lantaran aturan dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level, namun dipastikan semarak MFC bakal hadir pada pertengahan bulan ini tepatnya pada tanggal 16 - 17 Oktober 2021.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni mengatakan, ajang MFC kali ini secara khusus akan digelar semala 2 hari berturut-turut. Sebelumnya, kegiatan tersebut direncanakan pada tanggal 5-6 September 2021 dan harus mengalami penundaan.

"Malang Flower Carnival tetap dikemas. Rencananya akan digelar pada tanggal 16 dan 17 Oktober, setelah kegiatan Malang Fashion Week. Jadi nyambung acaranya," ujar Ida Ayu Made Wahyuni, Jumat (1/10/2021).

Nantinya, event yang masuk dalam 10 besar Kharisma Event Nusantara (KEN) 2021. Dalam hal ini, Disporapar Kota Malang bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenpar Ekraf) untuk promosi event yang akan digelar tersebut.

"Senin depan kita akan zoom meeting dengan  kementerian. Kita akan ngobrol bagaimana komitmen mereka dalam mendukung kegiatan ini. Karena di awal sudah dibicarakan bahwa mereka akan membantu dari sisi promosi utamanya. Dimana selama ini pusat juga membantu baik di tv-tv nasional maupun internasional," jelas Ida Ayu.

Pengemasan event megah tersebut berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya digelar secara virtual. Tahun ini, wanita yang akrab disapa Dayu ini menhatakan,  MFC akan digelar secara hybrid atau campuran.

"Konsepnya tetap nanti hybrid ya, secara online dan offline," terang Ida Ayu.

Dalam 2 hari pelaksanaan event itu akan dibagi menjadi beberapa season. Seperti, untuk ajang pamer karya-karya fashion flower. Baik untuk anak-anak, remaja, hingga dewasa. Termasuk fashion show para desainer. Kemudian, seaseon karnaval bunga.

Mengusung tema 'Great Garudheya', yang berarti Garuda Perkasa terinspirasi dari Arca Garudhey yang ada di relief Candi Kidal Malang. Sekaligus sebagai nilai kearifan lokal sekaligus lambang negara Garuda Pancasila, dan untuk merayakan satu dasawarsa (10 tahun) MFC.

Gelaran parade tema bunga terbesar di Indonesia yang masuk dalam Ajang Planet Tourism Campaign Award 2021 tersebut, untuk acara offline rencananya bakal dilangsungkan di stadion luar Gajayana. Namun, hal ini masih bisa berubah tempat, lantaran menjadi rangkaian berkelanjutan dari event Malang Fashion Week.


Karena situasi pandemi Covid-19 pagelaran kali ini juga tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang ketat.

"Rencana awal kami gelar di stadion luar Gajayana, tapi karena nyambung kegiatannya dengan Malang Fashion Week, jika kemudian di pindahkan ke Transmart, tidak menjadi masalah," pungkas Ida Ayu.

Topik
MFCMalang Flower CarnivalDisporapar MalangIda Ayu Made Wahyuni
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru