Aksi Vandalisme Bernada Provokatif Kembali Terjadi di Kota Malang

Oct 01, 2021 08:33
Salah satu coretan vandalisme dengan tulisan berwarna hitam bertengger di tembok Rumah Dinas Wali Kota Malang, Jumat (1/10/2021). (Foto: Dok. JatimTIMES)
Salah satu coretan vandalisme dengan tulisan berwarna hitam bertengger di tembok Rumah Dinas Wali Kota Malang, Jumat (1/10/2021). (Foto: Dok. JatimTIMES)

JATIMTIMES - Aksi vandalisme bernada provokatif kembali terjadi di Kota Malang. Kali ini menyasar dinding pagar Rumah Dinas Wali Kota Malang di Jalan Ijen Nomor 2, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Coretan dinding itu berisi tulisan "Wali Kota Tewur Mundur Ji!" dengan posisi vertikal yang tersemat di dinding pagar Rumah Dinas Wali Kota Malang di sisi sebelah barat.

Setelah diperhatikan dengan seksama, tampak  model coretan tersebut terbilang rapi dan diduga menggunakan media kertas yang telah dibentuk seperti cetakan tulisan kemudian disemprot cat.

Model ini tidak sama dengan aksi vandalisme lainnya yang biasanya pelaku menyematkan kode pelaku di dalam tiap coretan.

Coretan tersebut diketahui pertama kali pada hari Jumat (1/10/2021) sekitar pukul 05.55 WIB ketika pewarta JatimTIMES.com menyusuri jalanan Kota Malang untuk menikmati udara pagi yang segar dan hawa dingin yang khas.

Ketika melintas di Jalan Ijen, Kota Malang tampak jelas coretan berbentuk kritikan terhadap Wali Kota yang juga terlihat mengotori dinding pagar Rumah Dinas Wali Kota.

Tampak coretan aksi vandalisme bernada provokatif di Jalan Jenderal Basuki Rahnat atau berada di kawasan Monumen Chairil Anwar Malang.

Setelah mengabadikan coretan tersebut, pewarta pun kembali menyusuri jalanan Kota Malang hingga sempat berhenti di Jalan Jenderal Basuki Rahmat, Kecamatan Klojen, Kota Malang atau di Monumen Chairil Anwar.

Saat berhenti, tampak sebuah coretan dengan posisi horizontal berwarna putih di aspal jalan raya tersebut. Ternyata selain menyasar dinding pagar Rumah Dinas Wali Kota Malang, teror aksi vandalisme dengan tulisan "Wali Kota Tewur Mundur Ji!" berjumlah dua tulisan yang tampak mengotori aspal jalan di dekat Monumen Chairil Anwar.

Tampak coretan aksi vandalisme bernada provokatif di Jalan Semeru Kota Malang.

Selain di ruas jalan tersebut, ketika pewarta berhenti di trafficlight perempatan rajabally ternyata terdapat coretan serupa di ruas jalan sebelah barat yang akan menuju ke arah timur atau Balai Kota Malang.

Kemudian, pewarta kembali melanjutkan perjalanan menuju ke arah Jalan Veteran, Kota Malang. Tak disangka, teror aksi vandalisme dengan tulisan serupa juga yang menyasar aspal jalan yang berada di trafficlight atau yang biasa disebut perempatan Kampus ITN Malang.

Tampak coretan aksi vandalisme bernada provokatif di Jalan Veteran Kota Malang.

Lebih lanjut, hingga saat ini belum diketahui maksud dan tujuan pelaku aksi vandalisme, serta apa hal yang melatarbelakangi tindakan tersebut. 

Sementara itu, Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto menegaskan akan menyelidiki teror aksi vandalisme bernada provokatif karena meresahkan masyarakat. "Tentunya akan kita selidiki aksi tersebut," ujar singkat perwira yang akrab disapa Buher kepada JatimTIMES.com.

Topik
SutiajivandalismeBudi Hermanto
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru