Ngaku Berpangkat Mayor, TNI Gadungan Minta Sumbangan Hampir Dimassa Warga Kota Batu

Sep 30, 2021 18:54
Anggota TNI saat mengamankan TNI gadungan di Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kamis (30/9/2021). (Foto: istimewa)
Anggota TNI saat mengamankan TNI gadungan di Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kamis (30/9/2021). (Foto: istimewa)

JATIMTIMES - Suharto Prasetyawan (47) warga Kelurahan Mergan, Kecamatan Sukun, Kota Malang diamankan anggota TNI 0818/02 Kota Batu setelah membuat resah warga di kawasan Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kamis (30/9/2021). 

Ia diamankan lantaran menipu warga dengan menjadi TNI gadungan dan melakukan aksinya dengan modus mencari sumbangan untuk HUT TNI.

Saat diamankan, Suharto menggunakan atribut seragam TNI berwarna hijau lengkap dengan name tag namanya. Saat menjalankan aksinya pelaku menggunakan sepeda motor dengan plat dinas kesatuan Kodam V Brawijaya.

Berbekal proposal HUT TNI ke 71, ia meminta-minta ke beberapa pemilik vila di Songgoriti. Dengan proposal itu ia sudah berhasil mendatangi 8 pengusaha vila.

“Bukti yang diamankan uang sejumlah Rp 435 ribu diduga hasil memeras ke pengusaha vila. Dengan kendaraan sepeda motor yang dipakai merupakan plat palsu yang seolah-olah kendaraan dinasnya,” ucap Danramil 0818/02 Kecamatan Batu, Kapten Abdul Qodir.

Ia menambahkan, saat menyodorkan proposal yang dibawa itu membuat warga curiga dengan pelaku yang mengaku berpangkat mayor tersebut. Lantaran curiga, warga pun melaporkan kepada Babinsa di sana.

Tidak lama, petugas pun langsung datang ke lokasi untuk menginterogasi pelaku. Sayangnya saat dimintai identitas sebagai TNI, ia tidak bisa menunjukkan kepada petugas. “Ia hanya bisa menunjukkan KTP,” imbuh Qodir.

Karena diketahui bukan TNI, sontak warga yang ada saat itu tersulut emosi karena telah ditipu. Alhasil warga pun terpaksa memberikan pukulan kepada pelaku hingga membuat memar pipi sebelah kiri.

Kemudian petugas langsung mengamankan pelaku ke kantor Koramil Kecamatan Batu. Saat ini pelaku sudah dibawa oleh petugas Polres Batu untuk diamankan di sana.

Terpisah Kasat Reskrim Polres Batu, Iptu Yussy Purwanto, menambahkan, jika TNI gadungan tersebut langsung dijemput oleh petugas kepolisian di Koramil Batu. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di Polres Batu.

“Setelah mendapatkan informasi dari Koramil Kecamatan Batu petugas langsung datang untuk menjemput dan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” ujar Yussy.

Topik
TNI Gadungankoramil kecamatan batugerakan rakyat banyuwangi bersatu garabb
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru