Kembali Digelar, AIKID Perkuat Layanan Berbasis Digital di Seluruh Instansi Pemkot Malang

Sep 29, 2021 19:37
Kepala Diskominfo Kota Malang, Nur Widianto (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)
Kepala Diskominfo Kota Malang, Nur Widianto (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Ajang Inovasi dan Kreativitas Informasi Digital (AIKID) Kota Malang kembali digelar. Beberapa nominasi dari berbagai instansi pelayanan publik Pemerintah Kota (Pemkot) Malang saling memaparkan inovasi masing-masing di Ngalam Command Center (NCC) Balai Kota Malang, Rabu (29/9/2021).

Ajang penghargaan untuk digitalisasi instansi Pemkot Malang yang sudah ke 6 kali ini juga sebagai bentuk mengoptimalkan pengelolaan manajemen Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Khususnya dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat Kota Malang.

"Yang paling ditekankan sejauh mana pengelola atau manajemen TIK ini mampu meningkatkan kualitas pelayanan publiknya. Itu terukur dari kecepatan respon. Lalu sejauh mana customer, client atau user merasa memiliki atau tingkat intensitas komunikasinya," ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang, M. Nur Widianto.

Dalam hal ini, tidak hanya lingkup Perangkat Daerah saja yang terlibat dalam perlombaan tersebut. Namun, juga lingkup pelayanan kesehatan, yang juga diikuti oleh Fasilitas Kesehatan Tingkat Pratama (FKTP).

"Hari ini masuk tahapan penjurian, dari 6 kedinasan dan perusahaan daerah. Serta ada kategori puskesmas," jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Malang Sutiaji menyatakan, pada ajang penghargaan AIKID kali ini untuk lebih mengoptimalkan basis layanan informasi publik sesuai dengan tugas dan fungsi (tusi) masing-masing Perangkat Daerah (PD).

Seperti, menjalankan program yang telah dibuat untuk semaksimal mungkin. Sehingga, dalam hal ini masyarakat terlayani sesuai dengan apa yang diinformasikan. Termasuk, bagaimana dalam membranding layanan publik agar bisa dinikmati masyarakat luas.

"Jadi apa yang sudah dilaksanakan itu dipublish. Program-programnya semakin mengakomodasi apa yang menjadi kehendak masyarakat. Ada nilai-nilai transformasi. Jadi dari OPD dan masyarakat nilai positifnya ada, lalu juga termasuk branding ya," terangnya.

Topik
AIKID kota malanginstansi pelayanan publikbasmi hamaNgalam Command Center
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru