Mengulik Kisah-Kisah Unik MUA Malang (5)

Cerita Lucu Daniar Hafri Ahsani, Salah Tanggal Merias hingga Pilih Travelling

Sep 28, 2021 18:33
Daniar Hafri Ahsani saat merias klien wedding. (Foto: Istimewa). 
Daniar Hafri Ahsani saat merias klien wedding. (Foto: Istimewa). 

JATIMTIMES - Cerita makeup artist (MUA) Malang tak hanya sekedar tentang keahlian mereka dalam merias wajah kliennya. Daniar Hafri Ahsani misalnya, pernah mengalami kejadian unik.

Di mana, dirinya sempat salah tanggal untuk acara wedding kliennya. Yang mana ternyata acara pernikahan baru akan dilangsungkan pada bulan depannya. Hal ini menjadikan pengalamannya di dunia make-up sejak 2016 lalu tak tergantikan.

"Waktu itu saya salah tanggal (salah catat tanggal lebih awal) mungkin terlalu semangat ya. 
Dan saya udah sampai di lokasi, eh ternyata acaranya masih bulan depannya. Pantesan sepi tempatnya. Saya pulang sambil tertawa terus dan malu," ceritanya.

daniar1bc68cc3398cd8001.jpg

Namun, di lain sisi dirinya mengaku menyukai profesi tersebut. Terlebih, jika melayani klien dari luar kota. Menurutnya, sekali ngejob juga sekaligus menyempatkan diri untuk travelling.

"Jadi bisa kerja sambil travelling. Ada beberapa waktu saya pergi nge-job ke luar kota, sisa waktu saya buat travelling. Lumayan ya, jalan-jalan keluar kota tanpa harus membayar biaya transpot sendiri," terangnya.

Perempuan yang mengawali karir sebagai penari tradisional hingga penari latar ini memang dasarnya sudah menyukai dunia menggambar. Hingga, saat harus menari dirinya harus merias wajahnya sendiri.

Seiring berjalan, dengan peningkatan skill yang ia punya, Daniar kemdian mencoba merias teman-temannya sendiri yang akan wisuda. Di sini lah, awal mula dirinya transisi dari yang semula sebagai penari tradisional ke dunia make-up.

"Akhirnya saya ambil beberapa kursus di senior-senior di Malang Kota, juga di Semarang khusus untuk make-up tradisional. Karena kuliah saya dulu memang ada ujiannya kalau tradisional. Sampai sekarang juga tetap belajar dan ingin kursus ke para senior-senior MUA," terangnya.

Perempuan yang pernah menempuh S1 Pendidikan Seni Musik dan Tari Universitas Negeri Malang (UM) ini menyampaikan, saat ini lebih fokus melayani klien di wilayah Malang Raya. Meski, terkadang juga harus ke luar kota jika sesuai kesepakatan bersama.

"Saya fokusnya di Malang Kota dan Kabupaten. Karena saya aslinya Malang Kabupaten, cuma ada beberapa klien yang dari luar kota itu saya juga menerima sesuai dengan kesepakatan. Paling jauh dapat klien di Jakarta, Bogor, Ponorogo, Semarang juga pernah," ungkapnya.

Dari pengalamannya itu, menurutnya saat ini trend makeup yang tengah digandrungi banyak orang 'make-up no make-up'. Kreasi riasan wajah bermake-up tapi seakan tak pakai make-up.

Kemudian, soft glam cukup sering direquest oleh kliennya. Di mana, meski riasan wajah soft namun tetap mengesankan sisi glamour dari si yang dimake-up.

daniar2f4acb4d25d5e658e.jpg

"Trend make-up sekarang tuh ‘make-up no make-up look’ alias make-up seperti tidak make-up, soft gitu maksudnya. Kalau yang banyak direquest oleh klien, soft glam. Make-up glam ini biasanya cocok buat yang suka natural make-up tetapi ada sentuhan glamour gitu. Bedanya, dengan natural make-up ada di pemakaian eye shadow terlihat lebih jelas. Warna-warna yang digunakan biasanya earth tone," jelas perempuan yang sempat menempuh pendidikan seni tari di sanggar Budi Ayuga Kota Malang tersebut.

Saat ini di sela kesibukannya menempuh pendidikan S2 di Universitas Semarang Jurusan Pendidikan Seni, DANEART MAKEUP STUDIO juga terus dijalankan. Ia pun juga tetap mengasah skill agar terus bisa mengikuti yang dimau klien.

Beberapa MUA juga  menjadi idolanya akhir-akhir ini untuk referensi make-up, yakni lijing, Tyas Iqbal, Joegandoz, Mila Dewanti, Ollensha, Ini Vindy, House of Ricky, hingga Bellebelz.

"Jadi kita tidak boleh idealis yaa pinginnya kita seperti apa, tapi lebih ke klien maunya seperti apa. Sehingga klien puas saya juga ikut puas, tapi juga tetap mengarahkan dan memberikan masukan terbaik. Dan jadi MUA itu selain harus wangi harus sabar, ramah, dan murah senyum ya," pungkas perempuan kelahiran tahun 1996 tersebut.

Topik
kisah muamake upmake up artist malangmake up artist
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru