5 Minuman Rempah-Rempah Favorit Rasulullah SAW yang Menyehatkan Tubuh

Sep 28, 2021 08:25
Minuman rempah (Foto: Melex Id)
Minuman rempah (Foto: Melex Id)

JATIMTIMES - Nabi Muhammad SAW  merupakan sebaik-baiknya teladan bagi umat muslim. Rasulullah selalu mengajarkan sesuatu yang baik untuk kehidupan umatnya, termasuk soal kesehatan.

Oleh sebab itu, Rasulullah selalu menganjurkan untuk menjalani pola hidup sehat yang dimulai dari makanan dan minuman. Tak perlu mewah, beliau selalu memanfaatkan hal-hal yang sederhana. Misalnya rempah-rempah yang tumbuh di sekitar tempat tinggalnya. Rempah-rempah itu lalu diolah untuk menghasilkan minuman yang menyehatkan.

Berikut 5 minuman favorit sehat ala Rasulullah SAW dari rempah-rempah yang dikutip melalui buku 'Resep Sehat JSR 200 Resep Menyehatkan' milik dr Zaidul Akbar.

1. Power of six

Minuman rempah yang dinamakan power of six oleh dr Zaidul Akbar ini menggunakan 6 jenis rempah-rempah. Itulah mengapa dinamakan power of six.

Rempah-rempah itu yakni 1 ruas jahe, 1 batang serai, 1 ruas kunyit, 1/2 temu lawak, 1/2 kencur, 3/4 kayu manis. Rempah-rempahan tersebut lalu direbus dengan air sebanyak 300 mililiter. 

Proses merebusnya dilakukan sampai keluar aroma rempahnya. Setelah itu, air rempah tersebut disajikan dengan gelas.  Lalu tambahkan madu dan jeruk nipis untuk memberikan rasa manis dan segar.

2. Ultimate kunyit

Kunyit adalah rempah jenis tanaman rimpang yang memiliki warna kuning menyala. Kunyit juga bisa diolah menjadi minuman yang menyehatkan karena adanya senyawa kurkuminoid.

Minuman dari rempah kunyit ini dinamakan  dr Zaidul Akbar dengan sebutan ultimate kunyit. Kunyit yang dibutuhkan adalah 2 ruas seukuran kelingking orang dewasa.

Kemudian juga dibutuhkan 2 ruas jahe sebesar jempol orang dewasa, 1/2 buah jeruk nipis lokal, madu, 300 ml air dan seujung sendok garam nonrafinasi.

Pertama, jahe dan kunyit digeprek. Kemudian keduanya direbus sampai aromanya keluar dan warna airnya berubah. Setelah itu bisa disajikan dengan menambahkan madu, garam, dan air jeruk nipis.

3. Kopi biji kurma

Tak cuma daging kurma saja yang bisa dikonsumsi dan menyehatkan, tetapi juga bijinya. Dikutip dari NCB,I biji kurma mengandung protein sebanyak 51,2 gram, serat 73,1 gram, dan antioksidan.

Selain itu, biji kurma mengandung vitamin dan zat besi. Biji kurma kemudian dapat diolah menjadi kopi. 

Caranya, pertama yakni bersihkan dulu biji kurma dengan merendamnya di air panas. Gosok-gosok dengan tangan, rendam sekali lagi. 

Setelah bersih, jemur biji kurma di bawah sinar matahari selama 7-10 hari. Lalu keringkan dan dinginkan. Kemudian biji kurma bisa digiling dan diseduh seperti kopi pada umumnya. 

Menurut dr. Zaidul Akbar, minuman sehat ala Rasulullah SAW ini dapat meningkatkan sistem imun dan metabolisme tubuh.

4. Jeruk nipis madu

Hanya berbahan madu dan jeruk nipis, keduanya juga bisa diolah menjadi minuman sehat ala Rasulullah SAW. Sebagaimana yang telah disebutkan beliau bahwa madu sangat menyehatkan. Biasanya, Rasulullah selalu mengonsumsi madu setiap pagi saat keadaan perut masih kosong. 

Untuk membuat minuman ini juga dibutuhkan air. Cara membuatnya yakni dengan mencampurkan air jeruk nipis, madu dan air. Kemudian aduk sampai rata dan minuman siap diminum.

5. Kunyit lengkuas

Sama seperti kunyit, lengkuas juga merupakan jenis tanaman rimpang. Rempah yang juga dikenal dengan laos ini memiliki tekstur yang lebih keras dari kunyit.

Untuk membuat minuman sehat, dibutuhkan 1-2 ruas kunyit seukuran telunjuk orang dewasa, 1 ruas lengkuas seukuran jempol orang dewasa, 5-7 lembar kayu secang. Dibutuhkan juga 1 jeruk nipis, 1-2 sendok madu, garam nonrafinasi dan air secukupnya. 

Sebelum diolah, kunyit dan lengkuas harus diiris tipis Lalu, rebus keduanya dan dicampur dengan kayu secang sampai mendidih, kira-kira selama 2-3 menit. Setelah itu, diamkan sebentar tambahkan madu, garam dan air jeruk nipis.

Menurut dr Zaidul Akbar, minuman ini dapat berperan sebagai anti-radang dan antibiotik alami. Selain itu, sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan perut kosong.

Topik
Pola hidup RasulullahMinuman menyehatkanlahan sengketa di Bogor
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru