Forkopimda Kabupaten Malang Salurkan 600 Dosis Vaksin di Kawasan Wisata

Sep 27, 2021 21:01
Proses vaksinasi yang dilakukan di tempat wisata (foto: Humas Polres Malang for MalangTIMES)
Proses vaksinasi yang dilakukan di tempat wisata (foto: Humas Polres Malang for MalangTIMES)

JATIMTIMES - Berbagai upaya menciptakan herd immunity atau kekebalan kelompok terus dilakukan Forkopimda Kabupaten Malang. Salah satunya dengan menggelar vaksinasi bertema 'wisata vaksin' yang digelar di Lembah Indah, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang, Senin (27/9/2021).

Dalam kesempatan itu, Forkopimda Kabupaten Malang meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi untuk para karyawan wisata Lembah Indah dan masyarakat sekitar tempat wisata tersebut.

Langkah membuat inovasi sengaja dibuat untuk mengajak masyarakat bersama-sama mensukseskan percepatan vaksinasi di Kabupaten Malang. Karena sebagaimana yang diunggah dalam laman satgascovid19.malangkab.go.id, capaian vaksinasi di Kabupaten Malang baru mencapai 30 persen.

Capaian tersebut memang rendah. Namun jika dibandingkan dengan beberapa daerah di Jawa Timur, capaian di Kabupaten Malang masih lebih tinggi.

“Kami Forkopimda Kabupaten Malang, terus berkomitmen untuk terus berupaya mensukseskan program percepatan vaksinasi. Selain itu inovasi-inovasi akan kami lakukan demi mengajak masyarakat lebih tertarik ikut vaksin,” ujar Kapolres Malang AKBP R. Bagoes Wibisono.

Dalam gelaran vaksinasi itu, antusias masyarakat sangat tinggi. Terlihat dari banyaknya karyawan dan masyarakat umum sekitar tempat wisata Lembah Indah yang cukup banyak untuk turut serta di dalamnya. Mulai dari anak-anak usia 12 tahun, remaja hingga lansia banyak yang rela mengantri untuk disuntik vaksin.

“Ngajum sendiri wilayahnya cukup luas dan mayoritas masyarakat pedesaan, ini suatu apresiasi kepada pengelola tempat wisata Lembah Indah yang mau menyediakan tempat untuk pelaksanaan vaksinasi, sehingga masyarakat sekitar sini lebih mudah mendapatkan vaksinasi,” ungkap Bagoes.

Dalam kesempatan itu, setidaknya ada 600 dosis vaksin yang digelontorkan. Proses vaksinasi didampingi oleh vaksinator dari tenaga kesehatan Puskesmas Ngajum.

Melihat kesuksesan itu, vaksinasi bertema direncanakan kembali digelar di tempat wisata yang ada di Kabupaten Malang.

“Hari ini masih pertama kali disini dengan target 600 dosis, jika sukses, nantinya akan ditambah lagi dosisnya. Termasuk pada tempat-tempat wisata lainnya,” tambah Bagoes.

Selain itu, mantan Kapolres Madiun itu menegaskan bahwa program wisata vaksin sangat inovatif. Ini salah satu bentuk perhatian Forkopimda Kabupaten Malang kepada masyarakat di bidang wisata.

“Tempat wisata menjadi sangat penting untuk diperhatikan, termasuk para masyarakat yang terlibat didalamnya. Karena tempat wisata merupakan tempat berkumpulnya wisatawan dari berbagai daerah, ini rawan terjadi penularan covid-19. Dengan tervaksinnya para karyawan Lembah Indah ini, bisa menjadi salah satu langkah antisipasi penularan atau cluster covid-19 disini,“ jelas Bagoes.

Walau sudah dilaksanakan vaksinasi bagi para karyawan tempat wisata Lembah Indah, Bagoes berpesan agar tetap menerapkan protokol kesehatan dengan baik, agar terhindar dari paparan covid-19.

“Covid-19 masih ada, dengan telah divaksin, tidak dapat membebaskan diri kita dari Covid-19. Maka dari itu agar semua masyarakat yang telah divaksin tetap melaksanakan protokol kesehatan,” pungkasnya.

Topik
VaksinasiKabupaten MalangPariwisata LamonganBerita MalangBerita Jatim
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru