Majukan Dunia Pendidikan, Disdikbud Bersama FIA UB Sinergi Gelar PKBL

Sep 27, 2021 19:21
Kepala Disdikbud Kota Malang, Suwarjana SE MM saat memberikan sambutan dalam pendampingan tata kelola lembaga pendidikan sebagai upaya pengembangan Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal (PBKL) (Ist)
Kepala Disdikbud Kota Malang, Suwarjana SE MM saat memberikan sambutan dalam pendampingan tata kelola lembaga pendidikan sebagai upaya pengembangan Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal (PBKL) (Ist)

JATIMTIMES - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang bersama dengan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya (FIA UB) bersinergi menggelar pendampingan tata kelola lembaga pendidikan sebagai upaya pengembangan Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal (PBKL), Sabtu (7/9/2021). 

Kepala Disdikbud Kota Malang, Suwarjana SE MM menjelaskan, jika sinergi ini merupakan bentuk dan menggambarkan, bahwasanya dalam pengembangan pendidikan merupakan tanggung jawab bersama atau bukan hanya tanggung jawab segelintir orang atau kelompok serta instansi tertentu. 

1

Untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas, berkarakter, berbudaya serta membentuk generasi bangsa yang bermartabat, tentu menjadi hal yang tidaklah mudah. Karena itu, Perlu sinergitas dan gotong royong dari semua pihak.

"Terima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh FIA UB bersinergi bersama Disdikbud Kota Malang melaksanakan kegiatan PBKL. Hal ini menggambarkan secara nyata bahwasannya pendidikan merupakan tanggung jawab bersama, bukan hanya pada satu ataupun dua pihak," tutur Suwarjana.

Disdikbud Kota Malang, ditegaskan Suwarjana selalu welcome atau terbuka dengan berbagai pihak yang bertujuan memajukan pendidikan dan kebudayaan di Kota Malang. Bahkan saat ini, Disdikbud sedang mematangkan konsep Kurikulum kearifan lokal agar kedepan metode pembelajaran membentuk dan menguatkan moral serta karakter anak didik sejak dini. 

"Dengan begitu kedepan generasi Pancasila yang bermartabat dapat diwujudkan sesuai harapan kita bersama," papar Suwarjana yang juga merupakan Plt Kepala Perpustakaan Kota Malang ini.

Sementara itu, Dekan FIA UB, Drs Andy Fefta Wijaya MDA PhD, mengatakan, lewat pendampingan PKBL ini diharapkan terdapat output hal-hal baru atau eksplorasi terhadap hal-hal yang telah ada untuk kemajuan dunia pendidikan. Eksplorasi yang dimaksud tentunya diharapkan dari berbagai sisi, baik itu sisi karakteristik pembelajaran dan keunggulan dibandingkan dengan daerah lain. 

2

"Utamanya pada tiga hal unsur dasar yakni Keterampilan, pengetahuan dan sikap.” ungkap Andy. 

Dalam kegiatan pendampingan PKBL sendiri, dilakukan secara tatap muka dengan protokol kesehatan yang ketat. Hadir narasumber dari FIA UB, yakni yakni Dr. rer. pol. Romy Hermawan, S.Sos., M.AP dosen FIA UB sekaligus merupakan salah satu anggota Dewan Pendidikan Kota Malang (DPKM) dan Dr Mochamad Chazienul Ulum, SSos MAP selaku dosen FIA UB.

Untuk peserta, diikuti oleh dua orang pengawas SD, dua orang Pengawas SMP, 20 orang Kepala SD dan 10 Kepala SMP. Selain itu, juga terdapat peserta daring yang diikuti oleh oleh seluruh kepala satuan pendidikan jenjang SD dan SMP baik negeri maupun swasta dilingkungan Disdikbud Kota Malang.

Topik
Kota MalangDisdikbud Kota MalangBerita MalangBerita Jatim
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru