Kota Batu Sabet 2 Prestasi, Anugerah Prahita Ekapraya Utama 2020 dan Kota Layak Anak Kategori Madya 2021

Sep 27, 2021 17:17
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat membawa dua penghargaan di ruang kerjanya di Lantai 5, Balai Kota Among Tani, Senin (27/9/2021). (Foto: istimewa)
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat membawa dua penghargaan di ruang kerjanya di Lantai 5, Balai Kota Among Tani, Senin (27/9/2021). (Foto: istimewa)

JATIMTIMES - Harapan besar Kota Batu meraih penghargaan Kota Layak Anak (KLA) kategori tingkat Madya akhirnya terwujud. Ya Kota Batu kembali meraih prestasi tersebut di tahun 2021.

Penghargaan ini diserahkan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), pada Kamis (23/9/2021) lalu. Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, mengatakan penghargaan ini sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kota Batu dalam mewujudkan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

“Alhamdulillah, kita mendapatkan penghargaan dari Kementerian PPPA karena kita memiliki komitmen penuh terhadap pengarusutamaan gender,” kata Dewanti, Senin (27/9/2021).

Komitmen Pemkot Batu tertuang dalam kebijakan mulai dari penganggaran, program kegiatan dan lainnya. Semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menerapkan kebijakan pengarusutamaan gender (PUG).

Juga sukses menyuguhkan 6 program dalam menunjang keberhasilan. Yakni peningkatan pelayanan akta kelahiran anak. “Pelayanan jaminan persalinan dan nutrisi tambahan. Pemberian nutrisi sehat bagi siswa sekolah dan dana bosda,” ungkap Dewanti.

Kemudian gebyar literasi Kota Batu. Ada juga pusat pelayanan keluarga (Puspaga) berkolaborasi. Dan program sayang anak serta program unggulan yang lain.

Sementara itu Kepala DP3AP2KB MD Furqon, menambahkan, ke depan Pemkot Batu akan terus berupaya untuk memperbaiki kinerja agar dapat meraih penghargaan mentor. “Pemkot Batu mempunyai komitmen terhadap hak dan perlindungan anak di Kota Batu,” ujarnya.

SDP3AP2KB juga mendapatkan penghargaan juara 1 capaian terbaik KKP Program pembangunan keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) kategori Kota se-Jawa Timur Tahun 2020.

Selain itu juga meraih Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Utama tahun 2020.

Topik
Kota Layak Anakprestasi kota batuPemkot Batu
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru