Pemkab Malang Harapkan Hadirnya Alun-alun dan Tol Malang-Kepanjen

Sep 27, 2021 16:57
Kepala Bappeda Kabupaten Malang, Tomie Herawanto (foto: Hendra Saputra/ MalangTIMES)
Kepala Bappeda Kabupaten Malang, Tomie Herawanto (foto: Hendra Saputra/ MalangTIMES)

JATIMTIMES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang mengharapkan adanya alun-alun hingga jalan tol Malang-Kepanjen yang rencananya akan menjadi ikon. Hal itupun juga sudah masuk dalam proyek strategis yang disampaikan Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) tahun ini.

Kepala Bappeda Kabupaten Malang, Tomie Herawanto mengatakan bahwa pihaknya telah memasukkan beberapa proyek yang menjadi rencana kerja Malang Makmur mulai tahun 2021 ini. Beberapa di antaranya yakni Alun-alun Kabupaten Malang dan rencana proyek nasional jalan tol Malang-Kepanjen.

“Ada beberapa proyek yang kami masukkan dalam proyek strategis, tapi tetap itu bukan kewenangan kami, tapi kami masukkan,” kata Tomie.

Di sisi lain, Tomie menjelaskan bahwa proyek nasional seperti jalan tol Malang-Kepanjen juga sangat diharapkan. Karena melalui itu, perekonomian di Kabupaten Malang diharapkan akan semakin meningkat, utamanya di kala pandemi Covid-19.

“Karena itu proyek pusat, cuma lokasinya berada di Kabupaten Malang sehingga kami tetap saja akan melaksanakan. Kami juga mengharapkan tinggi dengan adanya tol Malang-Kepanjen itu,” ungkap Tomie.

Sementara itu, Tomie menjelaskan bahwa ruang terbuka hijau juga masuk dalam rencana kerja Malang Makmur. Hal itu juga telah dibahas dalam pembahasan bersama Bupati Malang HM Sanusi dan organisasi perangkat daerah (OPD) setingkat hingga camat.

“Salah satunya kami juga masukkan ruang terbuka hijau, itu apa? Ya bisa saja alun-alun. Jadi ketika diimplementasikan tahun depan atau 2023 nanti tetap bisa dilakukan karena itu adalah kebijakan makro,” ungkapnya.

Namun Tomie pun belum bisa memastikan bahwa proyek tersebut dapat berjalan kapan. Mengingat kondisi pandemi juga belum usai, sehingga masih banyak refocusing yang dilakukan di setiap OPD.

“Cuma memang belum tentu tahun depan, akan tetapi sudah kami masukkan dalam rencana kerja juga,” tandasnya. 

Topik
layanan jaringanTol Malang KepanjenPemkab Malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru