4 Tempat Wisata di Kota Batu Mulai Buka, Banyak Wisatawan Putar Balik

Sep 27, 2021 14:22
Wisatawan saat menikmati wahan sky bike di Selecta. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Wisatawan saat menikmati wahan sky bike di Selecta. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Kota Batu masih bertahan pada level tiga. Sejumlah tempat wisata di Kota Batu sudah melakukan uji coba.

Totalnya hingga saat ini sudah ada 4 tempat wisata yang buka. Antara lain Jawa Timur Park 2, Taman Rekreasi Selecta, Batu Love Garden, dan Museum Angkut.

4 tempat wisata yang buka itu seluruh karyawan telah melakukan vaksinasi. Kemudian di masing-masing tempat wisata itu telah menerapkan protokol kesehatan 5M. Yakni memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjaga Kesehatan, dan menghindari kerumunan.

Saat masuk ke tempat wisata, wisatawan yang masuk harus menunjukkan bukti jika sudah divaksin. Setidaknya sudah melakukan vaksinasi pada dosis pertama.

Jika terbukti sudah melakukan vaksinasi baru wisatawan diperbolehkan membeli tiket masuk tempat wisata tersebut. Hal tersebut berlaku untuk seluruh ke 4 tempat wisata.

Hanya saja sampai saat ini masih banyak wisatawan yang harus putar balik lantaran membawa anak berusia dibawah 12 tahun. Sehingga terpaksa orangtua bersama anak tersebut tidak bisa masuk tempat wisata.

“Masih banyak yang balik di loket. Karena aturan anak-anak di bawah 12 tahun tidak boleh masuk tempat wisata dan juga larangan operasi wahana air,” ungkap Direktur Utama Taman Rekreasi Selecta, Sujud Hariadi.

Alhasil dalamuji coba operasional ini, membuat jumlah pengunjung pun tergolong rendah. Seperti halnya di Selecta, saat ini jumlah kunjungan saat weekday masih dikisaran 100 pengunjung.

“Sementara untuk weekend belum tembus 1.000 wisatawan. Sehingga masih agak rendah jumlah wisatawan yang datang,” imbuhnya, Senin (27/9/2021).

Hal serupa juga terjadi tempat wisata milik Jawa Timur Park Group. Padahal promosi besar-besaran sudah dilakukan oleh tempat wisata tersebut. “Antusiasme masih belum tinggi, kiya promosikan besar-besran masih puluhan yang masuk,” ucap Manager Marketing & Public Relation Jatim Park Group, Titik S. Ariyanto.

Saat weekend jumlah kunjungan hanya mencapai puluhan pada Jatim Park 2, Museum Angkut, dan Batu Love Garden. Kendalanya sama, karena anak dibawah usia 12 tahu dilarang masuk.

“Kalau weekend masih bisa 100-an, penyebabnya karena anak under 12 tahun blm boleh masuk,” tambah Titik.

Topik
Sujud HariadiWisata Batu
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru