Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Terbakar, Kerugian Puluhan Juta

Sep 27, 2021 08:03
Kondisi ruang laboratorium manufaktur Teknik Industri Universitas Brawijaya tampak dari luar ketika sedang terbakar, Minggu (26/9/2021) malam. (Foto: UPT Pemadam Kebakaran Kota Malang)
Kondisi ruang laboratorium manufaktur Teknik Industri Universitas Brawijaya tampak dari luar ketika sedang terbakar, Minggu (26/9/2021) malam. (Foto: UPT Pemadam Kebakaran Kota Malang)

JATIMTIMES - Kebakaran melanda Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (UB) Malang. Yang terbakar tepatnya  ruang Laboratorium Manufaktur di lantai dua gedung Teknik Industri pada Minggu (26/9/2021) malam. 

Kebakaran diduga disebabkan korsleting  pada panel listrik yang terdapat di dalam ruangan. "Dugaan sementara korsleting listrik. Itu kalau saya lihat diperkirakan dari panel listrik. Ada yang gosong, ada yang menghitam," ungkap Kepala UPT Pemadam Kebakaran Kota Malang Muhammad Teguh Budi Wibowo  kepada JatimTIMES.com, Senin (27/9/2021). 

UPT Pemadam Kebakaran menerima laporan dari pihak UB sekitar pukul 21.50 WIB. Saat kebakaran berlangsung, karyawan dan satpam UB telah mencoba melakukan pemadaman sendiri dengan menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) yang tersedia. 

Ternyata api tidak bisa terkendali sampai unit pemadam kebakaran datang. Tim pamadam datang dengan tiga unit mobil PMK  dan 15 personel. 

Saat tindakan pemadaman, tim pemadam kebakaran sempat mengalami kesulitan.  Pasalnya kondisi malam hari dan lantai di dalam gedung Teknik Industri UB  licin dan gelap sehingga membuat petugas berhati-hati. Butuh waktu sekitar satu jam untuk memadamkan api.

Dari hasil pantauan petugas pemadaman kebakaran, bangunan yang hangus terbakar dilalap si jago merah sekitar 15 persen dari total ruangan.  "Karena bangunan ruangan itu dominan dari tembok, kemudian yang terkena adalah bagian plafon, terus jendela dan di situ ada mesin-mesin laboratorium manufaktur," terang Teguh. 

Teguh menyebutkan total kerugian akibat kebakaran di ruang Laboratorium Manufaktur Teknik Industri UB tersebut lebih dari Rp 50 juta. Pasalnya, bangunan dan mesin-mesin di laboratorium turut terdampak. Namun, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Topik
Tampil ala KoreaUniversitas Brawijaya MalangKorsleting ListrikBerita Malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru