Luhut Binsar Akan Diperiksa Polisi Hari Ini Terkait Laporan terhadap Haris Azhar dan Fatia

Sep 27, 2021 07:46
Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Tempo)
Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Tempo)

JATIMTIMES - Polda Metro Jaya akan memeriksa Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan terkait laporannya terhadap Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti.

Rencana pemeriksaan Luhut Senin (27/9/2021) hari ini juga dibenarkan oleh pengacara Luhut, Juniver Girsang. 

Luhut juga disebut akan diperiksa serta membuat berita acara pemeriksaan (BAP). "Benar diperiksa pukul 08.30 WIB di krimsus," kata Juniver.

Sebelumnya, Juniver mengatakan surat undangan klarifikasi dari Polda Metro Jaya sudah diterima. Pihak Luhut pun telah mengumpulkan bukti-bukti untuk diberikan ke penyidik. Seperti diketahui, laporan yang dilayangkan Luhut terhadap Haris dan Fatia yakni dugaan pencemaran nama baik terkait pernyataan bahwa Luhut punya tambang di Papua. 

Sayangnya, Juniver belum memerinci apa  bukti-bukti yang disiapkan. Kendati demikian, ia memastikan bukti itu terkait dengan data-data yang bisa membantah tudingan terlapor.

"Kami akan kumpulkan data-data yang dibutuhkan dalam panggilan. (Bukti) sudah siap kita. Kebohongannya (tudingan terlapor) di mana, kita sudah siap," ujar Juniver.

Lebih lanjut,  Juniver juga mengaku masih membuka ruang mediasi dari laporan Luhut terhadap Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti. Namun, Juniver menyebut ada syarat yang harus dipenuhi terlapor.

"Kalau memang mereka minta maaf, peluang untuk itu (mediasi) selalu menyambut. Orangnya (Luhut Pandjaitan) lembut. Dia hanya koreksi, jangan sembarang menyampaikan statemen yang telah mencederai seseorang atau memfitnah orang lain," ucapnya. 

Seperti diketahui, Luhut resmi melaporkan aktivis Haris Azhar dan Koordinator KontraS Fatia Maulidiyanti ke Polda Metro Jaya, Rabu 22 September 2021.

Laporan terhadap keduanya ini buntut dari konten video berjudul "Ada Lord Luhut Di balik Relasi Ekonomi-Ops Militer Intan Jaya!! Jenderal BIN Juga Ada!!". Video ini diunggah oleh Haris dalam akun Youtube.

Dalam percakapan di video itu, disebut bahwa PT Tobacom Del Mandiri, anak usaha Toba Sejahtera Group terlibat dalam bisnis tambang di Intan Jaya, Papua. Luhut adalah salah satu pemegang saham di Toba Sejahtera Group.

 

Topik
Luhut Binsar PanjaitanHaris Azharkereta api lokalkasus pencemaran nama baik
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru