Dinas Pariwisata Dorong Pelaku Wisata di Kota Batu Segera Miliki Sertifikat CHSE dan PeduliLindungi

Sep 26, 2021 19:36
Menparekraf saat menaiki kuda di Batu Love Garden beberapa saat lalu. (Foto: Irsya Richa
Menparekraf saat menaiki kuda di Batu Love Garden beberapa saat lalu. (Foto: Irsya Richa

JATIMTIMES - Sertifikat Cleanliness, Health, Safety & Environmental Sustainability (CHSE) menjadi salah satu syarat bagi pelaku usaha pariwisata yang ingin uji coba operasional. Karena itu, Pemkot Batu mendorong untuk segera mendapatkan sertifikat tersebut.

Hingga saat ini, dari data Dinas Pariwisata Kota Batu, tercatat sudah ada 75 tempat atau usaha pariwisata yang memiliki sertifikat tersebut. Dengan demikian, pelaku pariwisata yang memiliki sertifikat bisa mendapatkan izin beropersi kembali.

Selain sertifikat CHSE, juga ada kelengkapan lainnya. Yakni aplikasi PeduliLindung di tempat wisata. Tujuannya agar wisatawan yang masuk ke tempat wisata bisa dipastikan sudah melakukan vaksinasi covid-19.

“Dua syarat ini berperan penting dalam langkah uni coba sektor pariwisata. Kalau sudah siap buka, tentu kami akan merekomendasikan untuk uji coba buka,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Arief As Siddiq.

Arief menambahkan, saat ini Dinas Pariwisata  terus mendorong kesiapan sarana dan prasarana desa wisata di Kota Batu. “Sertifikat CHSE memiliki peran penting sebagai standar penerapan protokol kesehatan. Begitu pun aplikasi PeduliLindungi yang sangat penting sebagai kontrol dan Informasi tentang covid-19,” tambahnya.

Arief pun menaruh harapan besar agar semua pelaku usaha pariwisata segera mendaftar untuk mendapatkan sertifikat CHSE dan aplikasi PeduliLindungi. Sebab, jika usaha pariwisata diizinkan untuk beroperasi kembali, semua pelaku sudah siap sesuai dengan prosedur.

“Dinas Pariwisata juga berupaya terus untuk follow up dan updating informasi dan berkoordinasi, baik dengan Pemprov Jatim maupun dengan Kemenparekraf, terkait sertifikat CHSE dan aplikasi PeduliLindungi,” ucap  mantan kepala Dinas Lingkungan Hidup itu.

Hingga saat ini, sudah ada dua tempat wisata di Kota Batu yang melakukan uji coba operasional oleh Kemenparekraf. Yakni Jawa Timur Park 2 dan Taman Rekreasi Selecta.

Topik
tempat wisata kota batuDinas Pariwisata Kota BatuPerjalanan dengan keretaSumbang tiga pemain ke tim PON Jatimberita kota batu
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru