Penuhi RTH, Desa di Kota Batu Wajib Buat Taman

Sep 26, 2021 16:30
Penanaman pohon dilakukan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Aires Setiawan di Kota Batu, Minggu (26/9/2021). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Penanaman pohon dilakukan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Aires Setiawan di Kota Batu, Minggu (26/9/2021). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kota Batu tercatat masih kurang 13,5 persen. Untuk menutupi kekurangan itu, Pemkot Batu meminta kepada 24 Desa dan Kelurahan agar wajib menyediakan taman untuk RTH.

“Sesuai dengan aturan Perda 7/2011 tentang RTRW Kota Batu tahun 2010-2030, untuk RTH di Desa/Kelurahan wajib menyediakan taman seluas 1 hektar,” kata Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso.

Kekurangan 13,5 hektare itu menurutnya bisa terpenuhi, bahkan melebihi kebutuhan apabila seluruh desa dan kelurahan memiliki taman. Diperkirakan, jika seluruh desa dan kelurahan mewujudkan permintaan itu, maka RTH bisa bertambah hingga 24 hektare. 

“Karena itu untuk menutupi kekurangan itu kami meminta Pemerintah Desa/Kelurahan menyediakan taman tersebut,” ucap Punjul.

Selain pada 24 desa dan kelurahan, ada beberapa sektor lainnya yang juga harus memenuhi kebutuhan RTH.

Itu juga berlaku penyediaan taman seluas 2 hektare di tiap Kecamatan. Dengan total 6 hektare di tiga Kecamatan dan penyediaan rimba kota 2 hektar di tiga kecamatan dengan total 6 hektar.

Selain itu, Pemkot Batu juga mewajibkan bagi pengusaha wisata dan pengembang perumahan untuk ikut berkontribusi dalam memenuhi kekurangan RTH. Untuk penyediaan RTH dibebankan 5 persen dari luasan perumahan.

Kemudian untuk sektor pariwisata jika memiliki lahan lebih dari 15 hektare harus menyediakan 5 hektare atau 25 persen RTH  dari luas wisata. Namun untuk pariwisata skala sedang 10-15 hektar harus menyediakan RTH seluas 3 hektare.

Dan untuk yang memiliki skala kecil atau luas kurang dari 10 hektar nantinya wajib menyediakan RTH 1 hektare atau 25 persen dari luas wisata.

“Pemkot akan segera menyampaikan kebijakan penyediaan RTH ini kepada pelaku usaha wisata, pengembang, sampai ke tingkat pemerintah kecamatan hingga desa/kelurahan supaya bisa segera dipenuhi,” imbuhnya.

Jika sembilan sektor tersebut mampu diwujudkan bersama-sama, standar minimal RTH mampu terpenuhi mencapai 366,32 Hektare.

Topik
kementerian dikbudristekKota BatuPunjul SantosoBerita BatuBerita Jatim
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru