Gara-Gara LPJ BLT DD, 5 Desa Telat Terima DD Tahap 2 di Kota Batu

Sep 26, 2021 15:21
Salah satu penerima BLT DD di Kota Batu. (Foto: istimewa)
Salah satu penerima BLT DD di Kota Batu. (Foto: istimewa)

JATIMTIMES - Lima desa di Kota Batu belum bisa menerima Dana Desa (DD) tahap 2. Tertundanya pencairan DD itu lantaran laporan pertanggung jawaban (LPJ)  Bantuan Langsung Tunai (BLT) DD masih dalam proses.

“Sebab saat ini salah satu pra syarat pencairan DD tahap 2 adalah laporan BLT DD,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Batu, MD Forkan.

Lima desa yang terhambat pencairannya adalah Desa Gunungsari, Desa Mojorejo, Desa Sidomulyo, Desa Sumber Brantas, dan Desa Bulukerto. Lima desa ini terhambat pencairan DD tahap 2 karena laporan pertanggungjawaban BLT DD belum diserahkan.

Karena itu Forkan meminta kepada lima desa tersebut segera melengkapi kekurangan LPJ BLT DD, agar pencairannya segera dilakukan. Sebab jika tidak dicairkan tentunya akan menghambat pencairan BLT DD, ditambah program pembangunan fisik di masing-masing desa.

“Juga pembinaan dan pemberdayaan kepada masyarakat bisa segera direalisasikan jika DD tahap 2 dicairkan,” imbuhnya.

Terpisah Kepala Desa Sidomulyo, Suharto menjelaskan, tertundanya menerima DD tahap 2 tidak diketahui penyebab. Menurutnya seluruh syarat pencairan DD tahap 2 sudah dilengkapi.

“Seluruh kelengkapan berkas sudah kami lengkapi dan diajukan ke DP3AP2KB sesuai dengan aturan pusat. Kemudian juga LPJ BLT DD,” ucapnya.

Ia pun berharap, agar pencairan DD tahap 2 bisa diterima supaya BLT DD dapat segera tersalurkan kepada warga Desa Sidomulyo. Sekaligus pelaksanaan pembangunan fisik supaya bisa berjalan dengan maksimal.

Sementara yang sudah menerima DD tahap 2 100 persen 11 desa di Kota Batu. Sedangkan 4 desa lainnya masih 80 persen.

Topik
BLT DDpenyaluran BLT DDdana desa kota batu
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru