Arus Wisatawan Sempat Naik, Pemkab Malang Pastikan Tempat Wisata Belum Buka

Sep 26, 2021 14:45
Sekretaris Satpol PP Kabupaten Malang, Firmando H. Matondang. (Foto: Riski Wijaya/ MalangTIMES).
Sekretaris Satpol PP Kabupaten Malang, Firmando H. Matondang. (Foto: Riski Wijaya/ MalangTIMES).

JATIMTIMES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang menegaskan bahwa tempat wisata di Kabupaten Malang masih belum diperbolehkan untuk beroperasi. Pasalnya, meskipun assestment dari Gubernur Jawa Timur (Jatim), Kabupaten Malang sudah berada di level 2, namun berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) nomor 43 tahun 2021, Kabupaten Malang masih harus menerapkan PPKM level 3. 

Sementara itu, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Malang memantau dalam beberapa hari terakhir ada lonjakan pada arus wisatawan. Salah satunya di wilayah sekitar jalur lintas selatan (JLS) Kabupaten Malang. Namun begitu dipastikan bahwa tempat wisata masih belum beroperasi. 

"Kami ini sedang mengkoordinasikan hal tersebut dengan pihak Dinas Pariwisata Kabupaten, lalu Provinsi hingga Kementerian Pariwisata, bahwa jika nanti boleh beroperasi, kami juga minta QR Code yang ada di aplikasi peduli lindungi," ujar Sekretaris Satpol PP Kabupaten, Firmando Hasiholan Matondang, Minggu (26/9/2021).

Dari pantauan dan laporan yang ia terima hingga saat ini, beberapa tempat wisata sempat nyaris dipadati oleh wisatawan. Khususnya tempat wisata yang tidak ada gerbang pintu masuknya. Seperti yang terjadi di beberapa wisata pantai di sepanjang JLS. 

"Yang nyaris diserbu wisatawan itu di tempat (wisata) yang gak ada gerbang masuk ya istilahnya. Jadi kan ada di JLS itu yang pantainya langsung berhadapan dengan jalan. Itu yang sempat ramai. Kalau seperti (pantai) Balekambang kan ada pintu masuknya, jadi memang juga kami imbau untuk tutup," terang mantan Camat Pakis ini. 

Sedangkan untuk mencegah adanya kerumunan tersebut, Satpol PP tidak bisa berbuat banyak. Namun, hanya berkoordinasi dengan pihak Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) di setiap wilayah. Sebab, untuk personel Satpol PP sendiri saat ini tengah difokuskan untuk memantau proses vaksinasi yang digelar di seluruh kecamatan se Kabupaten Malang.  

"Kita melalui Muspika, sebab personel kami difokuskan untuk di tempat-tempat vaksinasi. Terutama di titik vaksinasi yang menyiapkan dosis untuk 1.000 orang," pungkasnya.

Topik
vaksinasi kabupaten malangwisata kabupaten malangpembukaan wisata
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru