Kecamatan Kepanjen Optimis Pekan Depan Vaksinasi Capai 70 Persen

Sep 26, 2021 14:17
Camat Kepanjen Eko Margianto saat meninjau pelaksanaan vaksinasi. (Foto: Riski Wijaya/ MalangTIMES).
Camat Kepanjen Eko Margianto saat meninjau pelaksanaan vaksinasi. (Foto: Riski Wijaya/ MalangTIMES).

JATIMTIMES - Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Kepanjen optimis bahwa dalam satu pekan ke depan, vaksinasi di Kecamatan Kepanjen bisa mencapai 70 persen. Sedangkan saat ini, berdasarkan informasi yang dihimpun MalangTIMES, capaian vaksinasi di Kecamatan Kepanjen sudah mencapai sekitar 45 persen. 

Untuk mencapai target tersebut, pihak Muspika Kepanjen rutin menggelar vaksinasi setiap hari. Agar masyarakat lebih mudah menjangkaunya, vaksinasi digelar di balai desa atau beberapa fasilitas umum, seperti sekolah. 

Sementara untuk sasarannya, ada sebanyak 85.486 masyarakat Kepanjen yang wajib divaksin. Jumlah tersebut sekitar 70 persen dari total masyarakat Kepanjen yang sebanyak 110.650. Sedangkan hingga saat ini, sudah ada sebanyak 36.359 masyarakat yang sudah divaksin. 

"Secara umum capaian vaksinasinya sudah sekitar 45 persen. Vaksinasinya kita gelar setiap hari, kecuali hari Minggu. Kalau hari Minggu seperti ini vaksinasinya digelar oleh pihak di luar kecamatan. Kita menggelarnya, dibagi di balai desa masing-masing, dan sebagian juga ada yang menggunakan sekolahan," ujar Camat Kepanjen, Eko Margianto, Minggu (26/9/2021).

Sedangkan khusus untuk vaksinasi pada pekan depan yang dimulai pada Senin (27/9/2021), ada 5 sampai 6 titik yang akan dikonsentrasikan sebagai tempat vaksinasi. Keenam titik tersebut per harinya akan berpindah-pindah. Sedangkan target vaksinasi per harinya diupayakan mencapai 3.300 vaksin.

"Targetnya 3.300 masyarakat yang divaksin per hari se Kecamatan Kepanjen. Itu sasaran yang kita harapkan. Tapi saat pelaksanaan biasanya ada yang tidak bisa divaksin karena tekanan darahnya sedang naik, atau ada gejala lain saat screening. Namun harapannya bisa maksimal, dan dalam 1 minggu ke depan ini 70 persen warga Kepanjen sudah tervaksin," jelas Eko. 

Sementara untuk sasaran yang divaksin adalah masyarakat umum. Sedangkan vaksinasi bagi pelajar menurutnya sudah dimulai sejak pekan lalu. Dan rencananya akan dilanjutkan pada pekan depan. 

"Sasarannya memang masyarakat umum, tapi kalau anak-anak juga enggak papa. Kalau siswa sudah mulai kemarin, dan mulai pekan depan juga ada yang sudah dijadwalkan untuk siswa SMP dan SMA. Yang penting kalau untuk anak-anak kan usianya di atas 12 tahun," terangnya. 

Sedangkan hingga pekan depan, setidaknya sudah ada sebanyak 22.716 dosis vaksin yang disiapkan untuk vaksinasi selama 7 hari hingga Sabtu (2/10/2021). Dan untuk petugas vaksinatornya, selain tenaga kesehatan (nakes) dari Puskesmas, pelaksanaan vaksinasi juga dibantu oleh 33 relawan. 

"Kalau kendala sementara ini hanya ada beberapa warga itu yang kurang paham atas pentingnya vaksin. Jadi kami juga setiap hari melakukan sosialisasi dan edukasi," pungkasnya.

Topik
vaksinasi kabupaten malangVaksinasi Covid 19Vaksin Covid 19kecamatan kepanjen
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru