Dorong Peningkatan Kualitas PAUD, Begini Upaya Disdikbud Kota Malang

Sep 26, 2021 13:13
Para peserta yang mengikuti Bimtek LBB di Disdikbud Kota Malang (Ist)
Para peserta yang mengikuti Bimtek LBB di Disdikbud Kota Malang (Ist)

JATIMTIMES - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Salah satu upaya itu, dilakukan dengan menggelar Bimbingan Teknis Lingkungan Belajar Berkualitas (Bimtek LBB) untuk Pusat Kegiatan Gugus (PKG) PAUD.

Kepala Disdikbud Kota Malang, Suwarjana SE MM menjelaskan, jika Bimtek LBB dilakukan selama dua hari, pada tanggal 23-24 September 2021 lalu. Bimtek ini merupakan salah satu bentuk upaya dalam rangka menyatukan visi, misi dan persepsi terkait PAUD Berkualitas yang nantinya akan menjadi bahan rumusan penentuan arah kebijakan jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang.

1

"Mari kita bekerja bersama, bersama bekerja untuk mewujudkan PAUD Berkualitas," tuturnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, melihat potensi dari para guru PAUD, pihaknya optimis mampu membawa kemajuan dan pendidikan berkualitas di tingkatan PAUD. PAUD berkualitas menurutnya tidak dititikberatkan dan berorientasi serta tidak hanya memandang kemegahan gedung PAUD ataupun ketersediaan sarana prasarana yang mewah. PAUD berkualitas lebih pada pemberian pelayanan yang prima pada peserta didik khususnya, orangtua siswa serta masyarakat umumnya dapat berjalan sesuai harapan.

"Semoga apa yang kita jalani saat ini akan membawa manfaat bagi diri kita, serta kemajuan maupun peningkatan kualitas PAUD," tutur pria yang akrab disapa Mas Kadin ini.

Pihaknya juga berharap, agar peserta Bimtek bisa meneruskan hal-hal bermanfaat yang mereka dapat dari Bimtek ke sekolah. Bahwasannya sebagai pendidik ataupun pengelola satuan PAUD mengedepankan pelayanan prima dan tidak hanya mengejar keuntungan materi.

2

"Haruslah berkomitmen bagaimana memberikan pelayanan berkualitas dengan memenuhi kebutuhan esensial anak didik, di antaranya menumbuhkembangkan serta membiasakan pola hidup bersih dan sehat, mengawal, mendidik dan mengajar sebagai upaya membentuk karakter anak sebagai generasi Pancasila yang kuat karakter moralnya," paparnya.

Dra Rr Andayoen Sri Afriana, MAP Kepala BP PAUD PNF Disdikbud Kota Malang, menambahkan, jika kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama BP PAUD Disdikbud dengan Direktorat PAUD Kemdikbudristek dalam bentuk pembiayaan atau pendanaan penyelenggaraan. Dalam kegiatan Bimtek, diikuti oleh 29 orang dari berbagai satuan pendidikan jenjang PAUD di lima kecamatan yang ada di Kota Malang. 

"Usai mengikuti kegiatan ini, peserta diwajibkan untuk mengimbaskan hasil Bimtek ke satuan pendidikan jenjang PAUD lainnya yang tidak mengikuti kegiatan ini,” ungkapnya.

Selama dua hari, peserta Bimtek mendapatkan beberapa suguhan materi yang disampaikan oleh Drs Suprijanto MPd narasumber provinsi dari BP PAUD Diknas Provinsi Jawa Timur, dan narasumber daerah yakni Sadia Mewar SPd MSi.

Beberapa materi yang disampaikan kepada peserta Bimtek di antaranya adalah:
1. Kebijakan Disdikbud dalam penyelenggaraan lingkungan belajar berkualitas.
2. Mencegah dan menangani keterlambatan perkembangan anak usia dini di masa pandemi Covid- 19
3. Peran UPT, Dinas Kota, mitra serta pendidik dan tenaga kependidikan dalam menguatkan peran gugus sebagai sarana atau wadah belajar bersama.

Hari kedua penyelenggaraan Bimtek materi yang disajikan kepada peserta yakni:

1. Pembelajaran berdeferensiasi di satuan PAUD.
2. Pembelajaran berbasis proyek untuk Anak Usia Dini.
3. Assesmen/ penilaian perkembangan anak.
4. Praktik penyusunan rencana tindak lanjut pendampingan dan Bimtek program lingkungan belajar berkualitas.

Topik
bimtek paudpendidikan paudDisdikbud Kota Malangpenipuan berkedok guru ngajiDinas Pendidikan
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru