Bukan Fitur Baru, Facebook Justru Rilis Tablet Khusus untuk Video Call

Sep 26, 2021 09:29
Tablet keluaran Facebook. (Foto: Facebook).
Tablet keluaran Facebook. (Foto: Facebook).

JATIMTIMES - Jika biasanya inovasi-inovasi keluaran platform sosial media berupa hadirnya fitur-fitur baru, lain halnya dengan Facebook. Seakan ingin menjadi platform yang berbeda, Facebook justru mengeluarkan produk tablet baru.

Perangkat mirip tablet pada umumnya ini hadir dua variasi bernama Portal Go dan Portal Plus. Yang tanpa diduga, fungsi tablet ini hanya untuk melakukan video call.

Baik Portal Go maupun Portal Plus fungsi utamanya adalah melakukan video call dari berbagai platform, yang sejatinya bisa dilakukan melalui aplikasi Facebook itu sendiri. Atau pun platform sosial media lainnya.

Lalu, apa istimewanya? Tablet tersebut memiliki sistem operasi berbasis Android, dan ditujukan untuk keperluan video call pegawai yang bekerja remote.

Di dalamnya ada aplikasi kalender yang tersinkron ke Outlook atau pun Google untuk menyimpan jadwal rapat, yang membuat penggunanya bisa langsung melakukan video call lewat home screen Portal.

Kemudian, integrasinya dengan Teams ini memperlihatkan Portal sebagai perangkat standalone untuk melakukan video conference. Pada 2022 mendatang Facebook rencananya akan meluncurkan program di mana perusahaan bisa membeli Portal dalam jumlah banyak untuk karyawannya, dan perangkat tersebut bisa dipakai tanpa akun Facebook atau pun WhatsApp.

Dilansir dari berbagai sumber, Micah Collins, director of product management for Portal di Facebook, menilai Portal selama ini lebih banyak dipakai di lingkungan keluarga, namun Facebook melihat adanya peningkatan signifikan dalam hal penggunaannya di keperluan pekerjaan, terutama semenjak pandemi Covid-19.

Untuk perangkat Portal Go dilengkapi layar 10 inch dengan resolusi 1280 x 800 pixel. Perangkat ini dilengkapi baterai sehingga bisa dilepas dari dockingnya untuk berpindah tempat. Kamera depannya 12MP dan punya cakupan 125 derajat. Harganya adalah USD 199 atau sekitar Rp 2,8 juta.

Sementara Portal Plus punya layar 14 inch, sama seperti Portal pertama yang dirilis pada 2019. Resolusi layarnya adalah 2160 x 1440 pixel, dan punya kamera depan yang cakupannya lebih luas, yaitu 131 derajat. Harganya adalah USD 349 atau sekitar Rp 4,9 juta.

Keduanya dilengkapi fitur pelengkap seperti Smart Sound untuk mengurangi kebisingan suara di latar belakang. Perangkatnya sendiri dilengkapi empat mikrofon, dua buat speaker, mendukung WiFi 2,4GHz dan 5GHz, serta Bluetooth 5.1. Bagaimana menurut kalian, tertarik mencoba?.

Topik
FacebookAplikasi Facebookportal goportal pluskrisna ardian putra
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru