Akankah Pakai Make Up Waterproof Bisa Penyebab tidak Sahnya Wudu?

Sep 26, 2021 09:10
Ilustrasi. (Foto: Daily Mirror).
Ilustrasi. (Foto: Daily Mirror).

JATIMTIMES- Make up menjadi salah satu bagian tak terpisahkan dari seorang wanita. Menggunakan make up atau merias diri bagi seorang perempuan juga bukan sesuatu yang dilarang dalam Islam.

Kehadirannya, menjadi kebutuhan kaum hawa untuk mempercantik diri. Namun, jenis-jenis make up beragam, bahkan untuk segala jenis kulit wajah yang bisa digunakan bagi setiap orang dengan kondisi yang berbeda.

Ada pemilik kulit kering, normal, sensitif, dan berminyak. Biasanya, bagi kaum hawa yang memiliki kulit cenderung berminyak akan cenderung memilih make up yang waterproof (anti air).

Tapi, bagi seorang muslim, hal ini cukup menjadi pertanyaan. Kalangan beauty influencer terkadang juga sering mendapati pertanyaan, akankah pengguna make up water proof bisa sah wudunya?

Wudu menjadi salah satu syarat sah salat bagi umat Islam. Wudu dianggap sah apabila sudah memenuhi semua rukun wudu. Bahkan, salat bisa saja tidak diterima jika wudu yang dilakukan tidak benar dan sah.

"Tidaklah salat itu diterima apabila tanpa wudhu". (HR Muslim).

Ada aturan yang harus dipenuhi saat membasuh sebagian anggotan badan ketika berwudu. Jika ada bagian yang tidak terkena air, maka wudu menjadi tidak sah. Bahkan, neraka jahanam menjadi ancaman bagi mereka yang berwudu tetapi ada bagian yang tidak terkena air.

“Lembah wail (di neraka jahanam) bagi para pemilik tumit yang tidak terkena air wudhu. Sempurnakan wudhu kalian!” (HR Muslim).

Karena itu, seorang muslim haruslah melakukan wudi dengan baik dan benar. Membasuh dan mengusap anggota tubuh saat berwudu harus sempurna.

Jika menelaah dari berbagai sumber diatas, make up waterproof yang sebagian perempuan memakainya, hendaknya untuk menghapus dan membersihkannya terlebih dahulu sebelum melakukan wudu. Sebab, make up waterproof bisa menjadi penghalang air menyentuh kulit wajah saat berwudu.

Sedikit saja bagian wudu yang tidak terkena air, maka wudu dapat membatalkan seluruh basuhan dan harus mengulang kembali wudu secara sempurna.

Setiap perempuan yang sering berdandan tentu tahu, ketika memakai make up juga dilengkapi beragam lapisan, seperti sunscreen, primer, concealer, pelembab, foundation, dan lain sebagainya. Ditambah lagi penggunaan eyeliner, eyeshadow, mascara, lipstick, alhasil kulit wajah akan tertutup oleh lapisan-lapisan tersebut.

Hal inilah yang menjadikan air akan sulit menyentuh bagian wajah kulit karena telah dilapisi oleh beragam produk make up. Dengan begitu, make up yang memiliki ketebalan berlapis-lapis haruslah dihapus lebih dulu sebelum berwudu.

Namun, jika merasa terlalu ribet, kalian dianjurkan menggunakan make up yang aman yang tidak mengganggu aktivitas ibadah sehari-hari. Sebab, jika tetap mamakai make up water proof, selain wudu yang tidak sah maka amalan salat juga tidak diterima.

 

Topik
Social Influencermake upkaum hawajohnny deep
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru