Lomba Kampung Bersinar di Mata Kepala DLH Kota Malang

Sep 25, 2021 19:26
Kepala DLH Kota Malang Wahyu Setianto (foto: Hendra Saputra/MalangTIMES)
Kepala DLH Kota Malang Wahyu Setianto (foto: Hendra Saputra/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang Wahyu Setianto menegaskan bahwa lomba Kampung Bersinar tahun ini harus dapat membuat kampung menjadi lebih baik. Hal itu karena masyarakat banyak menghabiskan waktu di rumah akibat pandemi covid-19.

“Target kami memang kalau bisa lebih bagus daripada tahun kemarin. Apalagi antusiasme masyarakat tahun ini luar biasa,” kata Wahyu kepada media ini, Sabtu (25/9/2021).

“Informasi lebih banyak tahun ini daripada tahun-tahun kemarin yang ikut meskipun dalam kondisi pandemi seperti ini. Mungkin ada kejenuhan. Jadi, mereka berbondong-bondong bersatu padu untuk memberikan yang terbaik dengan tanaman-tanaman itu,” imbuh Wahyu.

Wahyu melihat antusias warga dalam mengikuti lomba Kampung Bersinar sangat tinggi. Betapa tidak. Bukan hanya kampungnya yang dibuat sehijau-hijaunya. Bahkan ketika juri tiba, banyak hal tidak terduga yang didapat. Contoh, ada salah satu rukun warga (RW) yang sengaja membuat kostum ketika tim juri menilai kampung tersebut. Bahkan, beberapa ruas jalan di dalam kampung tersebut sengaja dibuat menarik untuk menambah estetika.

“Kampung Bersinar itu alhamdulillah jadi keinginan masyarakat RT-RW semua wilayah kecamatan dan  kelurahan. Itu luar biasa,” kata  Wahyu.

Wahyu pun tak menampik bahwa suasana lomba Kampung Bersinar tidak semeriah sebelum ada pandemi. Tetapi, dari semangat warga yang mengikuti, bisa dilihat bahwa lomba itu masih sangat diinginkan oleh masyarakat.

“Yang ikut sekitar 104 atau berapa. ylya di atas 100 pokoknya. Itu masyarakat persiapannya luar biasa. Cuma suasana tidak seperti yang kemarin karena masih ada pandemi. Tapi.mereka tetap mengupayakan yang terbaik untuk kampung-kampung mereka,” ungkap Wahyu.

Di sisi lain, dengan adanya Kampung Bersinar, Wahyu bersyukur kesadaran masyarakat tentang penghijauan menjadi lebih tinggi. Sebab, ada beberapa permintaan kompos kepada DLH Kota Malang yang memang difokuskan untuk membuat kampung lebih hijau.

“Ada beberapa yang meminta kompos di kami untuk mereka menanam sayuran. Terus untuk tanaman lain. Itu sangat bagus menurut saya,” tandasnya.

Topik
Lomba Kampung BersinarDinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malangkampung bersinarBerita Malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru