12 Hotel, Restoran, dan Tempat Hiburan di Kota Batu Segera Dipasang Tapping Box

Sep 24, 2021 20:22
Wisatawan saat mengentre membeli tiket di Jatim Park 2 beberapa saat lalu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Wisatawan saat mengentre membeli tiket di Jatim Park 2 beberapa saat lalu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Sebanyak 12 alat perekam transaksi usaha (atau tapping box bakal dipasang oleh Pemkot Batu di beberapa tempat usaha di Kota Batu. Pemasangan itu sebagai upaya untuk mencapai target pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pajak hotel, hiburan dan restoran.

Dilihat sampai September ini, penerima pajak daerah baru setengahnya. Dari target  Rp 149 miliar, hingga saat ini baru terealisasi pajak dengan presentase 57 persen atau Rp 71 miliar.

Anjloknya realisasi itu disebabkan banyaknya tempat wisata yang tutup saat masa pandemi. Juga adanya kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Pemasangan tapping box itu akan dilakukan di hotel, tempat hiburan atau wisata, dan restoran serta parkir. Hal tersebut sesuai hasil monitoring centre for prevention (MCP) Komisi Pencegahan Korupsi (KPK).

“Jadi, pemerintah daerah diminta untuk memaksimalkan PAD dengan pemasangan tapping box,” ucap Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso. 

Rencananya, enam alat dipasang di hotel, lima alat di resto, dan satu di tempat hiburan. “Dari 12 alat tersebut, 10 alat ini nanti dipasang dilokasi baru. Sedangkan dua alat ini pengalihan dari tempat usaha yang telah tutup,” kata Punjul.

Pemasangan tapping box sudah dilakukan Pemkot Batu mulai tahun 2018. Sampai saat ini sudah terpasang 56 alat tapping box. Rinciannya, tahun 2018 terpasamg di 16 tempat, tahun 2019 di 23 tempat, 2020 di lima tempat, dan 2021 di 12 tempat.

Sementara, tempat hiburan hingga hotel yang berpotensi untuk dipasang tapping box ada 40 tempat. Ke depannya Pemkot Batu setiap tahun akan menambah tapping box di tempat berpotensi itu.

Topik
Tapping BoxHadiah belanja di Graha Bangunantingkatkan padPemkot Batuberita kota batu
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru