BPJS Kesehatan Berikan Layanan bagi Badan Usaha

Sep 24, 2021 12:40
Salah satu pegawai dari PT Pahlawan Design Studio yakni Tika (28) yang sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan sejak 1 September 2019. (Foto: Humas BPJS Cabang Malang)
Salah satu pegawai dari PT Pahlawan Design Studio yakni Tika (28) yang sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan sejak 1 September 2019. (Foto: Humas BPJS Cabang Malang)

JATIMTIMES - Masyarakat banyak menerima manfaat dari layanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang telah terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Karena itu, selain memberikan layanan langsung kepada masyarakat, BPJS Kesehatan juga menggandeng badan usaha untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pegawai dari sebuah badan usaha tersebut. 

Seperti yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan Cabang Malang yang menggandeng PT Pahlawan Design Studio atau 24slides untuk memberikan layanan kesehatan terbaik bagi para pegawai perusahaan tersebut. 

Seluruh pegawai di perusahaan yang bergerak di bidang penyedia jasa desain tersebut sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan sejak 1 September 2019. Selain itu, dalam pengurusan administrasi, pelayanan maupun pembayaran tidak terdapat kesulitan yang berarti. 

Salah satu pegawai di bagian administrasi 24 slides yakni Tika (28) mengatakan, salah satu tugasnya ialah mengurus BPJS Kesehatan para pegawai di 24Slides. Mulai dari pendataan pegawai beserta keluarga, mengubah jenis kepesertaan menjadi Peserta Penerima Upah (PPU), mengubah fasilitas kesehatan, hingga penonaktifan pegawai karena meninggal atau mengundurkan diri.

Dengan tugasnya yang seringkali berhubungan dengan BPJS Kesehatan, menurut Tika BPJS Kesehatan bekerja secara profesional dan tidak menyulitkan dirinya saat pengurusan pendaftaran maupun pembayaran. 

"Jika ada kendala atau kesulitan biasanya saya konsultasi dan koordinasi dengan Bu Arin selaku PIC dari BPJS Kesehatan yang menangani perusahaan kami, itupun jika ada prosedur atau hal-hal yang tidak tercantum dalam booklet panduan atau sumber lainnya," ungkap Tika dalam keterangan resmi yang diterima JatimTIMES.com, Jumat (24/9/2021). 

Lebih lanjut, terkait pendaftaran pegawai di 24slides untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan, Tika mengatakan sejauh ini langkah-langkah yang diberikan oleh BPJS Kesehatan cukup mudah untuk diikuti. Mulai dari alur hingga sistem pada website juga mudah untuk diakses.

"Terdapat buku panduan yang bisa jadi pegangan dan misal sedang ada error, Bu Arin sangat membantu dan tanggap ketika dihubungi," kata Tika. 

Pihaknya menambahkan, untuk setiap tanggal 1 akan ada sedikit kendala dalam hal pembayaran. Kendala tersebut ketika dirinya akan mengunduh billing statemen yang terkadang mengalami gangguan dan akan kembali normal terkadang sore atau besok harinya. 

"Mungkin karena sedang banyak yang akses, saya harap ini bisa menjadi masukan perbaikan pada sistem. Supaya kami bisa lebih tepat waktu membayar iuran," ujar Tika. 

Walaupun terkadang terjadi kendala, ia menyarankan agar terus meningkatkan dan mengembangkan pelayanan dan sistem berbasis digitalnya. Tika mengungkapkan bahwa pihaknya puas dengan layanan BPJS Kesehatan yang diberikan kepada para badan usaha tanpa terkecuali dengan 24Slides.

Sementara itu, Kepala Bidang Perluasan, Pengawasan, dan Pemeriksaan Peserta (P4) Roy Winandra Putra mengungkapkan bahwa untuk pelayanan melalui Relationship Officer (RO) tetap dilaksanakan secara maksimal di tengah pandemi Covid-19. 

Untuk aplikasi e-Dabu yang digunakan oleh Badan Usaha juga masih terus dilakukan penyempurnaan. Hal ini dilakukan untuk mempermudah Badan Usaha melakukan pendaftaran maupun memperbaharui data pegawai Badan Usaha.

"Jadi memang aplikasi e-Dabu ini masih tahap penyempurnaan ya, supaya semua badan usaha dapat lebih mudah mengakses dan mengolah data pegawai mereka untuk daftar maupun memperbarui data di BPJS Kesehatan. Jika ada badan usaha yang masih bingung, teman-teman RO juga siap membantu," pungkas Roy Winandra Putra.

Topik
BPJS KesehatanJKN KIS
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru