Jadi Minuman Favorit Rasulullah, Ini 7 Manfaat Sehat Susu Kambing

Sep 24, 2021 09:36
Susu Kambing (Foto: Lezizemland Goat's Milk Biscuits)
Susu Kambing (Foto: Lezizemland Goat's Milk Biscuits)

JATIMTIMES -Susu kambing ternyata merupakan minuman favorit Rasulullah SAW. Manfaat susu kambing juga tak kalah menyehatkan, salah satunya yakni baik untuk menjaga imunitas tubuh.

Diriwayatkan oleh para sahabat bahwa Rasulullah SAW sangat menyukai susu kambing. Beberapa buktinya yakni saat perjalanan hijrah ke Madinah, tepatnya di Gua Tsur, dimana Rasulullah SAW dan Abu Bakar menikmati susu kambing. 

Sebuah mukjizat juga pernah terjadi saat Rasulullah meminta Ummu Ma'bad untuk memerah susu kambing, namun kala itu kambing tersebut sudah tidak bisa menghasilkan susu. Rasulullah lalu membaca Basmalah dan memerah susu kambing yang ternyata keluar susu segar dengan jumlah banyak. 

Susu kambing itu kemudian bisa dinikmati oleh Rasulullah SAW, Abu Bakar, dan sahabat lain. Rasulullah memilih susu kambing sebagai salah 1 minuman favoritnya, karena menyehatkan. 

Dalam beberapa penelitian juga menemukan manfaat dari susu kambing untuk kesehatan tubuh. Mulai dari menjaga imunitas tubuh hingga menguatkan tulang.

Melansir melalui Organic Facts, berikut 7 manfaat susu kambing bagi kesehatan tubuh:

1. Kandungan nutrisi susu kambing

Susu kambing memiliki beragam manfaat untuk kesehatan karena mengandung nutrisi yang penting. Dalam 100 gram susu kambing, juga mengandung air sebanyak 87 gram, 3,56 gram protein, 134 miligram kalsium.

Ada pula kandungan magnesium sebanyak 14 miligam, fosfor 111 miligram, dan potasium 204 miligram. Masih banyak juga kandungan nutrisi lainnya yakni folat, vitamin A, B-12, hingga E.

2. Menjaga imunitas tubuh

Imunitas tubuh juga harus selalu dijaga, terlebih dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini. Cara mudahnya yakni dengan melakukan pola hidup sehat.

Kalian harus rutin mengonsumsi makanan dan minuman bergizi yang seimbang. Salah satu minuman yang direkomendasikan ialah susu kambing. 

Karena di dalam susu kambing juga mengandung selenium, mineral yang dapat menjaga imunitas tubuh.

3. Terdapat zat anti-inflamasi

Susu kambing juga mengandung zat anti-inflamasi yang tinggi. Tak heran jika orang yang menikmatinya tidak merasakan sakit perut yang sering disebabkan oleh susu sapi.

Hal itu disebabkan susunan enzimatik unik dari susu kambing yang berfungsi untuk menenangkan peradangan di usus. Penelitian terkait hal ini juga masih terus berlangsung untuk melihat apakah sistem anti-inflamasi dapat meluas ke area tubuh lainnya.

4. Meningkatkan kesehatan kulit

Diketahui, beberapa produk perawaran wajah dan kulit juga mengandung komposisi susu kambing. Karena ternyata kandungan susu kambing bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan kulit.

Susu kambing mengandung zinc, mineral yang baik untuk kesehatan kulit. Selain itu juga mengandung vitamin A yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati.

5. Mempercepat proses metabolisme

Susu kambing dikenal lebih padat nutrisi daripada susu sapi. Satu cangkir susu kambing saja menyediakan hampir 40 persen kebutuhan kalsium harian, 20 persen asupan vitamin B, serta sejumlah besar kalium dan fosfor.

Penelitian lain menunjukkan, bahwa susu kambing bisa meningkatkan penyerapan zat besi dan tembaga di saluran pencernaan kita. Kandungannya itu dapat mempercepat proses metabolisme tubuh.

6. Meningkatkan kesehatan jantung

Kesehatan jantung juga perlu dijaga, karena sejumlah penyakit kronis berkaitan dengan jantung. Seperti halnnya stroke, serangan jantung, hingga tekanan darah tinggi.

Para pengidap penyakit jantung, dituntut untuk mengonsumsi makanan dan minuman sehat. Salah satunya dengan mengonsumsi susu kambing yang memiliki kandungan asam lemak, mineral yang dapat mengontrol keseimbangan kadar kolesterol.

7. Menguatkan tulang

Tulang yang sehat bisa dijaga dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalsium tinggi. Selain susu sapi, kamu juga bisa mengonsumsi susu kambing.

Karena, kandungan kalsium pada susu kambing sangatlah tinggi. Dalam 100 gram susu kambing terdapat 134 miligram kalsium.

Topik
Susu KambingRasulullah SAWimunitas tubuh
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru