Update Terbaru Pembangunan KEK Singhasari, Karya Barunya Sudah Dinikmati

Sep 23, 2021 19:46
Salah satu karya animasi yang muncul melalui adanya KEK Singhasari (foto: screenshot YouTube)
Salah satu karya animasi yang muncul melalui adanya KEK Singhasari (foto: screenshot YouTube)

JATIMTIMES - Setelah sekian lama tidak terdengar kabarnya, Kawasan Ekonomi Kreatif (KEK) Singhasari membawa kabar terbaru. Kali ini, sektor digital khususnya animasi sudah mulai unjuk gigi dengan menghasilkan satu karya yang sudah banyak dinikmati oleh masyarakat.

Mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa di masa pandemi, KEK Singhasari justru telah menghasilkan sebuah karya nyata melalui sektor digital.

Hal itu memang wajar, sebab saat ini dunia bisnis yang khususnya bergerak di dunia nyata sangat terdampak dengan adanya wabah covid-19.

Akan tetapi, kecerdikan pengelola KEK Singhasari justru membuat perekonomian masyarakat mulai kembali. Salah satunya yakni karya animasi yang sejak Agustus 2021 lalu telah trending.

General Manager KEK Singhasari, Kriswidyat Praswanto mengatakan bahwa saat ini memang proyek terbesar yang sedang serius digarap adalah terkait hiburan anak di saluran televisi digital milik Telkom Indonesia. Yakni di channel IndiKids.

“Yang sudah trending beberapa bulan lalu itu seperti Kuku Rock You, Roh Garuda dan Blab Blib Blub Bleb Blob. Semua ada di channel IndiKids, bisa di search di sana,” kata Kris, sapaan akrab Kriswidyat Praswanto saat ditemui media ini di Singosari, Kamis (23/9/2021).

Diakui Kris, memang mulanya KEK Singhasari rencananya akan fokus bergerak di sektor wisata. Akan tetapi siapa sangka badai pandemi covid-19 sangat cepat meluluhlantahkan dunia usaha.

“Di awal, rencana aksi kami bergerak di sektor wisata. Ternyata 2020 ada pandemi, akhirnya kami juga tidak bisa diam. Saat ini teknologi yang kami teruskan, karena pandemi ini digital itu sangat bisa diandalkan,” terang Kris.

Dalam hal ini, KEK Singhasari mendapat pesan dari Kementerian Koordinator (Kemenko) bidang Perekonomian Republik Indonesia (RI) untuk dapat membantu meningkatkan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Melalui apa? Kris menjelaskan kembali bahwa sektor digital masih menjadi andalan pada masa pandemi saat ini.

“Kami didorong Kemenko Perekonomian, kami didorong untuk meningkatkan PEN melalui teknologi digital itu,” kata dia.

Sejauh ini, Kris menuturkan bahwa animasi yang mendapat respon baik dari masyarakat adalah Kuku Rock You. Jika dilihat, animasi yang fokus pada karakter ayam itu memang sudah 3D, sehingga karya tersebut memang sangat layak untuk dijual.

“Sudah trending itu, ratingnya bagus. Kami harap ini bisa membuka mata masyarakat bahwa ini layak dijual,” tegas dia.

Sementara ini, Kris mengaku di KEK Singhasari sedang fokus pada animasi. Karena karya tersebut satu-satunya yang bisa berjalan. Namun ia tidak menutup mata bahwa pihaknya akan segera mengerjakan produk lain yang juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Yang jalan sekarang masih animasi, ya karena pandemi ini. Berikutnya akan jalan yang game, itu akan kami kerjakan. Karena kami melihat potensi apa yang cepat bergerak,” pungkasnya.

Topik
Kawasan Ekonomi KreatifKEK SinghasariSektor WisataBerita MalangBerita Jatim
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru