6 Orang yang Salat Bersama Setan, Ini Tanda-tandanya

Sep 23, 2021 09:48
Ilustrasi seseorang yang salat tengah digoda oleh setan (istimewa)
Ilustrasi seseorang yang salat tengah digoda oleh setan (istimewa)

JATIMTIMES - Mencapai khusyuk dalam salat bukanlah perkara mudah. Ada saja tindakan atau pikiran yang akhirnya mengganggu serta mengurangi kekuasaan dalam salat. Hal tersebut tentunya tidak terlepas dari tipu daya setan.

Golongan yang tercipta dari api ini senantiasa menggoda manusia agar salatnya tidak sempurna. Untuk telah mengapa manusia harus selalu waspada terutama saat melakukan salat.

Terdapat orang-orang yang salat bersama setan. Namun, di sini setan bukan mengikuti manusia untuk salat, melainkan mereka tidak berhenti untuk menggoda manusia hingga manusia terjerumus.

Lalu, siapa saja orang-orang tersebut ?. Ya diolah dari channel Tafakkur Fiddin, enam orang tersebut yang pertama adalah Orang yang was-was dalam niat. Orang yang dalam perasaan was-was akan berlangsung hingga salat. Hal itu membuat orang ragu terkait rukun salat yang harus dijalankannya. Misalnya saja, lupa jumlah rakaat dan lupa bacaan. 

Karena itu, seseorang yang mengalami hal ini harus patut mewaspadai jika mereka tengah menjalankan salat bersama setan yang menggodanya. Saat itu, setan memberikan rasa was-was dan syubhat dalam diri manusia. Hal ini dilakukan setan sejak awal permusuhannya dengan Allah. Saat itu setan menggoda Nabi Adam dan Hawa untuk memakan buah khuldi. 

Orang yang kedua adalah, orang yang suka ingat ini dan itu. Tentunya di antara kita pernah mengalami hal ini. Ketika tengah sholat, tiba-tiba saja teringat tentang sesuatu dalam pikirannya urusan atau hal di dunia. Hal inilah menjadi bukti bahwa setan mengganggu dan tidak membiarkan manusia untuk khusyuk melakukan shalat.

Orang ketiga adalah, orang yang merasa ragu buang angin. Setiap orang tentunya pernah mengalami hal ini. Ketika selesai wudu atau saat salat, tiba-tiba seringkali merasakan seperti ingin buang angin. Terkadang seseorang ragu dan menahan buang angin agar salatnya tidak batal. 

Ternyata, perasaan ragu buang angin atau tidak merupakan hal yang termasuk gangguan setan. Ini merupakan upaya untuk memecahkan konsentrasi atau kekhusyukan seseorang saat salat. 

Rasulullah pernah bersabda. "Jika salah seorang kalian merasakan hal itu, maka janganlah kalian membatalkan salatnya sehingga dia mendengar suaranya macam mencium baunya tanpa ragu,"(HR Ahmad). 

Yang keempat adalah, orang yang tidak fokus dalam saalat. Orang yang tidak fokus mengerjakan salat, juga menandakan bahwa orang tersebut tengah menjalankan salat bersama setan.  Tak fokus salat bisa saja disebabkan berbagai hal, seperti Handphone berdering, memikirkan kendaraan yang diparkirkan takut hilang dan yang lainnya. 

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Aisyah RA, "Saya bertanya kepada Rasulullah tentang hukum menengok ketika shalat". Rasulullah menjawab, "Itu adalah curian setan atas salat seorang hamba,"(HR Bukhari).

Orang yang dalam melaksanakan salat tergesa-gesa, juga merupakan tanda bahwa orang tersebut tengah salat bersama setan. Saat menjalankan salat, mereka menjalankan dengan cepat agar bisa segera selesai. Dalam sebuah hadis Rasulullah bersabda,"Sejahat-jahat pencuri, adalah pencuri dari salatnya". Para sahabat bertanya,"Wahai Rasulullah, bagaimana mencuri dalam salat?". Rasulullah berkata, "Dia tidak sempurna rukuk dan sujudnya"(HR Ahmad).

Dan orang keenam adalah, wanita yang ke masjid dengan menggunakan wewangian. Wanita yang pergi ke masjid menggunakan wewangian, menarik perhatian setan untuk mendekati dan menggodanya. Dengan aroma tersebut, justru lebih mudah untuk membuat seseorang yang ada di sekitar wanita tersebut untuk tidak khusyuk saat salat. 

Menggunakan wewangian merupakan salah satu hal yang dilarang Rasulullah SAW, saat sesorang menuju ke masjid. Rasulullah bersabda, "Jika salah satu dari kalian (para wanita) hendak ke masjid, Maka janganlah sesekali menyentuh wewangian"(HR Ahmad).

Topik
tempat jinSalatpengadilan agama cibinongkhusyuk
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru