Tiga Hari Pertama Lakukan Penilaian, Ini Kesan Tim Juri Kampung Bersinar

Sep 22, 2021 21:00
Tim juri lomba Kampung Bersinar saat berada di Kelurahan Kesatrian. (foto: Hendra Saputra/MalangTIMES)
Tim juri lomba Kampung Bersinar saat berada di Kelurahan Kesatrian. (foto: Hendra Saputra/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Lomba Kampung Bersinar yang digelar Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang sudah mulai berjalan. Tim juri yang terdiri dari berbagai golongan itu dalam tiga hari pertama penilaian mengaku bahwa antusiasme peserta lomba sangat bagus dalam mengubah wilayahnya.

Koordinator juri tim 1 Faridudin Alfazari MM mengatakan bahwa Rabu (22/9/2021) pihaknya menilai tiga RW yang ada di wilayah Kelurahan Kesatrian, Kecamatan Blimbing. Dari perjalanan keliling itu, tim juri menilai semangat para warga untuk membuat kampung jadi lebih baik sangatlah tinggi.

“Gambaran sementara, peserta banyak yang antusias. Tapi memang masih ada kekurangan sedikit. Itu wajar. Cuma semangat untuk menciptakan wilayah jadi lebih baik itu ada di setiap RW,” ujar Farid.

Karena semangat tersebut, Farid yakin bahwa nantinya peserta yang belum dinilai tentunya akan dinilai secara bergantian. Sebab,  dalam hal ini DLH Kota Malang sudah menjadwalkan wilayah mengikuti ajang bergengsi antar-wilayah di Kota Malang itu.

“Nah, untuk memenuhi kriteria dari tim juri, mulai dari penghijauan, konservasi air, pemberdayaan masyarakat tentunya akan lebih disiapkan,” kata dia.

Di sisi lain, sejauh ini kendala yang dihadapi tim juri sendiri adalah masih banyak masyarakat yang belum memahami lomba Kampung Bersinar. Oleh karena itu, penjurian juga menjadi satu kesempatan untuk menyosialisasikan Kampung Bersinar agar ke depan wilayah lain banyak yang mengikuti.

“Masyarakat ada yang memahami dan ada yang tidak. Oleh karena itu,  butuh edukasi untuk menjadikan sebuah Kampung Bersinar betul-betul terjadi,” ungkap Farid.

Farid pun sebenarnya cukup menyayangkan masyarakat yang belum memiliki semangat untuk mengubah kampungnya. Sebab, saat ini kebanyakan masyarakat tidak ada waktu atau banyak kesibukan di luar rumah.

“Padahal di sisi lain banyak masyarakat yang punya potensi, wilayahnya punya potensi, malah minta bimbingan untuk bisa jadi lebih baik,” kata dia.

Topik
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota MalangLomba Kampung BersinarPemkot MalangBerita Malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru