Suplai Lancar, Capaian Vaksinasi di Pagak di Atas 40 Persen

Sep 22, 2021 20:06
Camat Pagak Ichwanul Muslimin saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di wilayahnya.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Camat Pagak Ichwanul Muslimin saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di wilayahnya.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Kecamatan Pagak di Kabupaten Malang optimistis progres vaksinasi di wilayahnya bisa berkontribusi dalam upaya mencapai kekebalan kelompok (herd immunity). 

 Camat Pagak, Ichwanul Muslimin mengatakan hal itu dilakukan dengan mengoptimalkan vaksinasi di wilayahnya.  Targetnya, dalam satu hari setiap desa yang ada di wilayahnya, capaian vaksinasi diupayakan mencapai 200 dosis. Titik vaksinasinya di setiap balai desa dan di Kantor Kecamatan pagak. 

"Jadi sekarang jemput bola. Di kantor kecamatan dan di balai desa. Jadi, satu tim itu dua vaksinator, sehingga satu tim bisa 200 vaksin. Dan itu dilakukan setiap hari. Mungkin kalau memang benar-benar kelelahan, ya hari Minggunya libur. Kan di sini (Pagak) ada 8 desa," ujar Ichwanul, Rabu (22/9/2021) petang. 

Pria yang juga pernah menjadi camat Wagir ini mengatakan bahwa jika di rata-rata, capaian vaksinasi di Kecamatan Pagak sudah mencapai 40 persen lebih. Namun, capaian vaksinasi per desa juga masih bervariasi. 

"Ada yang satu desa masih 36 persen, ada yang 50 persen lebih. Tapi kalau secara umum di Pagak sudah sekitar 40 persen lebih," terangnya. 

Selain itu, secara umum dia menyebut bahwa proses vaksinasi di wilayah tidak ada kendala yang berarti. Hanya, ichwanul berharap agar tenaga sosialisasinya bisa lebih greget dalam mengedukasi warga agar mau untuk divaksin.

"Ya tenaga sosialisasinya yang diharapkan lebih greget. Karena kadang warga itu ada yang masih ragu atau tidak yakin. Makanya itu tenaga sosialisasinya harus intens memberikan sosialisasi," imbuhnya. 

Ichwanul  memprediksi bahwa capaian vaksinasi di wilayahnya tidak akan bisa 100 persen. Menirut dia,  hal itu dipengaruhi beberapa hal. Selain karena ada sejumlah warga yang tidak bisa divaksin, beberapa warganya juga ada yang melakukan vaksin di tempat lain. 

Meskipun begitu, Ichwanul  tetap yakin bahwa hal tersebut bisa mendukung Kabupaten Malang segera mencapai herd immunity. Sebab, gelaran vaksinasi yang dilakukan di wilayahnya juga tetap melayani masyarakat di luar Kecamatan Pagak. 

"Ya tetap kami layani. Karena ini kan targetnya secara nasional, bukan sektoral. Kalau di sini saja juga tidak akan sampai 100 persen. Karena warga saya juga ada yang vaksinasi di daerah lain. Sekitar 30 persen warga saya itu  juga kerja di luar Pagak. Banyak yang berdagang," ungkapnya.

Capaian itu juga karena dipengaruhi ketersediaan stok vaksin yang berangsur membaik. Dari perhitungannya, dalam satu kali distribusi, vaksin yang dikirimkan ke Kecamatan Pagak sebesar 5.000 dosis. 

"Kadang habisnya 10 hari, kadang dua minggu. Tapi sebelum habis, saya selalu minta dikirim lagi," ujar Ichwanul.

Topik
Vaksinasi Covid 19Taman Rekreasi Kota BangkalanKecamatan PagakBerita Malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru