Vaksinasi Kabupaten Malang Dikebut, Optimis Sentuh Angka 50 Persen

Sep 22, 2021 18:02
Sekda Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat.(foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Sekda Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat.(foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang optimis bahwa capaian vaksinasi akan menyentuh angka 50 persen di bulan ini. Pasalnya, sederet permasalahan seperti minimnya tenaga vaksinator sudah berhasil diatasi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat mengungkapkan, sesuai dengan arahan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinvest), Luhut Binsar Panjaitan, maka target vaksinasi akan terus dikejar. 

"Kita sekarang sudah menggerakkan semua. Relawan kita gerakan, kita juga dapat bantuan (vaksinator) Polres dan Kesdam. Selain itu kita juga meminta kepada ASN yang ada di kecamatan-kecamatan. Terutama guru dan bidan, kita latih untuk bisa jadi tenaga administrasi," ujar Wahyu ditemui di Kantor DPRD Kabupaten Malang, Rabu (22/9/2021).

Untuk dapat mencapai target tersebut, menurut Wahyu Pemkab Malang berupaya agar dalam sehari bisa melakukan vaksinasi sebanyak 50 ribu vaksin.

Sedangkan saat ini, dikutip dari laman satgascovid19.malangkab.go.id, capaian vaksinasi di Kabupaten Malang baru mencapai 30 persen. Menurut Wahyu, berdasarkan catatan yang ia himpun, capaian tersebut memang rendah. Namun jika dibandingkan dengan beberapa daerah di Jawa Timur, capaian di Kabupaten Malang masih lebih tinggi.

"Karena kemarin malem di Situbondo itu baru 11 persen. Dan di Pamekasan, di Madura itu rata-rata masih 20 persen. Sedangkan sebenarnya kita kemarin kan sebenarnya karena ketersediaan vaksin," terangnya.

Sementara itu, Wahyu juga menyebut, jika dalam bulan ini capaian vaksinasi di Kabupaten Malang tidak mencapai 50 persen, maka level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Kabupaten Malang terancam kembali ke level 4.

"Sekarang yang jadi renungan soal vaksin itu, kalau (bulan Oktober) tidak sampai 50 persen, kita akan terancam naik ke level 4," imbuh Wahyu.

Sedangkan berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) nomor 42 tahun 2021, Kabupaten Malang masih menerapkan PPKM level 3. Namun, berdasarkan assesment Gubernur Jawa Timur, Kabupaten Malang sudah termasuk ke level 2.

Ia juga mengklaim bahwa saat ini, capaian vaksinasi di Kabupaten Malang sudah mencapai sekitar 20 ribu sampai 25 ribu. Dan targetnya saat ini bisa mencapai 50 ribu per hari.

Masih berdasarkan laman satgascovid19.malangkab.go.id capaian vaksinasi sebesar 30 persen tersebut sebanyak 617.483, sedangkan target dari KPCPEN adalah 2.078.406.

Topik
VaksinasiVaksin Covid 19Wahyu HidayatKabupaten MalangPetani tembakau PamekasanBerita MalangBerita Jatim
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru