Usung Sigap, Mahasiswa PSPD Fakultas Kedokteran UIN Malang Raih juara 1

Sep 22, 2021 12:31
3 mahasiswa PSPD FKIK UIN Malang yang mendapat juara 1 di Medsmotion (Ist)
3 mahasiswa PSPD FKIK UIN Malang yang mendapat juara 1 di Medsmotion (Ist)

JATIMTIMES - Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang berbangga. Sebab, mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD) mengukir prestasi dengan menjadi juara 1 dalam ajang Medical Sebelas Maret Scientific Competition (Medsmotion) 2021.

Dalam ajang Medsmotion 2021 yang diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret itu, tim mahasiswa PSPS FKIK UIN Malang menyusun karya ilmiah berjudul "Ingat Sigap Cegah Obesitas pada Anak”.

M Daffa Abhista, ketua tim menjelaskan, jika SIGAP ini merupakan sebuah singkatan yang dibuat tim untuk memudahkan memberikan pendidikan kesehatan pada masyarakat. 

"Memberikan edukasi untuk sarapan tiap pagi dengan rutin (Sigap), batasi main gadget, perbanyak aktivitas, dan jangan lupa atur pola makan," paparnya. 

Lebih lanjut dijelaskannnya, jika pemilihan tema obesitas pada anak ini karena prevalensi obesitas cukup tinggi. Terlebih lagi dalam pemberlakuan pembelajaran daring, dimana aktivitas anak cenderung monoton dan kurang bergerak.

Asupan energi melalui makanan yang terus menerus tanpa keluaran energi yang seimbang untuk aktivitas, tentunya menjadi kekhawatiran karena risiko obesitas pada anak kian tinggi. 

"Makanya, dengan tema ini, tim memberikan edukasi pada anak dan pada orang tua akan pentingnya pencegahan obesitas sejak dini. Tentunya hal itu agar anak tetap sehat dan bisa beraktivitas dengan lancar," jelasnya.

Tim Mahasiswa PSPD 2019 FKIK berjumlah 3 orang, yakni M. Daffa Abhista Reviansyah (ketua tim), Hafidha Camila Arif dan Mahasya Khafiralia (anggota).

Dalam teknis perlombaan, timnya telah melakukan persiapan sejak Juni. Persiapan materi awal mulai Juni, dan dilanjutkan dengan pengambilan video 18-19 Juni 2021 serta proses editing dilakukan mulai 20-27 Juni 2021.

Teknis penilaian, dijelaskannya, melalui tahap penyisihan, dengan penilaian dari juri dan voting melalui instagram. Setelah itu, lanjut ke babak presentasi final melalui zoom meeting. 

Perlombaan keilmiahan itu diikuti dari berbagai Universitas terkemuka di Indonesia seperti Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Universitas Sriwijaya Palembang, dan Universitas Sebelas Maret Surakarta. 

Sementara itu, Dekan FKIK UIN Malang Prof Dr dr Yuyun Yueniwati PW MKes SpRad(K), mengapresiasi para mahasiswa yang meraih juara. Pihaknya berharap, para mahasiswa tak puas dengan hasil raihan ini. Para mahasiswa diharapkan bisa lebih mengembangkan kemampuan dan prestasi 

"Alhamdulillah sudah menang, saya harapkan teman-teman mahasiswa bisa lebih mengembangkan dan meningkatkan prestasinya lagi. Harus terus berprestasi jangan berhenti,"pungkasnya.

Topik
kebijakan berangkat hajijalur sepeda kota malangUIN Maliki Malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru